Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Hilang Kendali dan Tabrak Dermaga di Venesia, Turis Berlarian

Kompas.com - 02/06/2019, 22:18 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

SAN BASILIO ZATTERE, KOMPAS.com - Sebuah kapal pesiar besar kehilangan kendali saat hendak merapat di Venesia, Minggu (2/6/2019), hingga akhirnya menabrak dermaga dan menyebabkan para turis berlarian menyelamatkan diri.

Rekaman video dari berbagai sudut yang beredar di internet memperlihatkan detik-detik saat kapal pesiar MSC Opera mendekati sisi dermaga, membunyikan sirene, kemudian mendorong sebuah perahu wisata, sebelum akhirnya berhenti.

Empat orang dilaporkan mengalami cedera ringan dalam insiden yang terjadi di San Basilio-Zattere di kanal Giudecca, Venesia, tersebut, menurut otoritas pelabuhan, dikutip AFP.

Keempat korban luka, yang telah dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan, adalah penumpang di atas kapal wisara River Countess, yang ditabrak dan didorong oleh kapal pesiar di dermaga.

Baca juga: Kapal Pesiar Dikarantina Setelah Kru Terkena Campak

"Kapal MSC Opera mengalami kerusakan mesin, yang segera dilaporkan oleh kapten kapal," ujar Davide Calderan, kepala perusahaan kapal penarik, yang terlibat dalam membawa kapal pesiar itu ke dermaga.

"Mesinnya macet, tetapi tetap dengan daya dorong karena kecepatannya meningkat," tambahnya.

Dua buah kapal derek yang menuntun kapal pesiar itu ke dermaga Giudecca telah berupaya memperlambat laju kapal, tetapi salah satu rantai yang menghubungkan kapal derek dengan kapal raksasa itu terputus karena tidak kuat menahan tekanan.

Dilaporkan bahwa kerusakan kapal MSC Opera yang mampu mengangkut lebih dari 2.500 penumpang itu bukan kali pertama dan pernah terjadi pada 2011 saat dalam pelayaran Baltik.

Insiden pada Minggu (2/6/2019) itu juga kembali memicu perdebatan di Venesia tentang kerusakan yang dialami kota dan ekosistemnya yang rapuh akibat kapal-kapal pesiar yang berlayar terlalu dekat dengan pesisir.

Kritik mengatakan gelombang yang diciptakan kapal-kapal pesiar besar telah mengikis fondasi kota laguna tersebut.

"Apa yang terjadi di pelabuhan Venesia adalah konfirmasi atas apa yang telah kami katakan selama beberapa waktu," tulis Menteri Lingkungan Hidup Italia, Sergio Costa di Twitter.

Baca juga: Pemerkosaan di Kapal Pesiar, Pelaku Masih Bebas karena Alasan Teknis

"Kapal-kapal pesiar seharusnya dilarang untuk berlayar menyusuri Giudecca. Kami telah berupaya memindahkannya sejak beberapa bulan lalu dan sekarang telah semakin mendekati solusi," tambahnya.

Otoritas pelabuhan Venesia mengatakan, pihaknya sedang bekerja untuk menyelidiki insiden di dermaga itu dan berupaya segera membebaskan kanal yang terblokir di kota Italia utara.

"Selain melindungi kota warisan Unesco, kita harus menjaga lingkungan, dan keselamatan warga dan wisatawan," kata Menteri Kebudayaan Alberto Bonisoli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com