Kompas.com - 01/06/2019, 17:10 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Pemimpin Taliban Afghanistan pada Sabtu (1/6/2019) berjanji untuk melanjutkan pertempuran sampai tujuan gerakan itu tercapai.

Keputusan tersebut sekaligus menjadi indikasi tentang belum siapnya mereka membuka pembicaraan dengan pemerintah yang didukung Barat di Kabul.

Diwartakan Reuters, dalam pesan tahunan jelang liburan Idul Fitri pada pekan depan, Mullah Haibatullah Akhundzada berusaha meyakinkan warga Afghanistan.

Baca juga: Pejabat Senior Taliban: Para Pemberontak Tetap Ingin Perdamaian

Dia mengatakan, Taliban ingin mengakhiri konflik yang berlangsung selama beberapa dekade dan membangun pemerintahan yang mewakili seluruh rakyat Afghanistan.

Namun, dia hanya menunjukkan sedikit tanda mengenai gencatan senjata atau membuka perundingan langsung dengan pemerintah Aghanistan, yang dianggap Taliban sebagai rezim yang dipaksa asing.

Pada tahun lalu, Taliban sepakat menggelar gencatan senjata pada libur Idul Fitri selama tiga hari. Peristiwa itu dikenang begitu dalam karena pasukan Taliban dan tentara pemerintah berbaur dan saling berangkulan.

"Tidak seorang pun harus mengharapkan kami menuangkan air dingin ke medan perang Jihad yang panas atau melupakan pengorbanan 40 tahun kami sebelum tujuan kami tercapai," katanya.

Mullah menambahkan, tujuan Taliban adala mengakhiri pendudukan dan mendirikan sistem Islam dalam pemerintahan.

Perwakilan Taliban telah berbicara dengan diplomat AS selama berbulan-bulan untuk membahas penarikan lebih dari 20.000 pasukan koalisi AS dan NATO.

Kebijakan itu sebagai imbalan jaminan, Afghanistan tidak akan dipakai lagi sebagai basis untuk serangan militan.

Halaman:
Sumber Reuters


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.