Kompas.com - 30/05/2019, 08:20 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Arab Saudi menyerukan kepada negara-negara Islam untuk meminta "ketegasan" dalam menentang Iran atas serangan di fasilitas minyak Teluk.

Menteri Luar Negeri Ibrahim al-Assaf mengecam "gangguan" Iran di kawasan. Beberapa jam setelah Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton menyebut Iran hampir pasti dalang serangan ke kapal tanker.

Sikap keras itu muncul jelang malam pertemuan darurat Liga Arab dan Dewan Kerja Sama Teluk oleh Saudi untuk mendiskusikan langkah mengisolasi Iran.

Baca juga: Penasihat Keamanan Nasional AS Hampir Yakin Iran Dalangi Sabotase Kapal di UEA

Dalam pertemuan Menlu Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Jeddah, Assaf berujar dukungan Iran kepada kelompok Houthi di Yaman adalah bukti gangguan mereka.

"Setiap negara Islam harus dengan tegas menentangnya," terang Assaf diberitakan AFP Kamis (30/5/2019). Adapun pertemuan itu juga dihadiri perwakilan Iran.

Assaf menambahkan serangan terhadap fasilitas maupun infrastruktur minyak milik mereka harus disikapi dengan "ketegasan serta tekad yang kuat".

Dua kapal tanker Saudi menjadi korban sabotase misterius di Uni Emirat Arab pada 12 Mei. Sementara Houthi menggelar serangan drone dan membuat jalur pipa minyak ditutup sementara.

Dalam konferensi pers di Abu Dhabi Rabu (29/5/2019), Bolton menerangkan empat kapal tanker itu diserang dengan ranjau laut dan hampir pasti dilakukan Iran.

"Tidak ada keraguan bagi siapa pun di Gedung Putih tentang siapa yang bertanggung jawab akan hal ini," ujar Bolton yang dengan jelas merujuk kepada Teheran.

Namun, mantan Duta Besar AS bagi PBB itu tidak memerinci bukti apa keterlibatan Iran dalam serangan itu, dan menuai sanggahan dari negara tetangga Irak itu.

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.