Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Cabut Larangan Menjalin Perdagangan dengan Irak

Kompas.com - 29/05/2019, 20:19 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TEL AVIV, KOMPAS.com - Pemerintah Israel telah resmi mencabut larangan menjalin perdagangan dengan Irak, meski kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik dan secara teknis sedang berperang.

Menteri Keuangan Israel, Moshe Kahlon, pada Senin (27/5/2019), telah menandatangani arahan resmi yang mengizinkan dilakukannya perdagangan dengan Irak. Demikian dilaporkan surat kabar Israel, Maariv.

Arahan tersebut berseberangan dengan hukum "Perintah Perdagangan dengan Musuh", yang awalnya ditandatangani selama periode Mandat Inggris dan mendefinisikan negara-negara musuh yang terlarang untuk menjalin perdagangan.

Pemerintah Israel mengadopsi hukum tersebut atas pembentukan negara pada 1948 dan sejak saat itu mematuhi batasan-batasannya.

Baca juga: Terjadi Konflik di Gaza, Trump Dukung Israel 100 Persen

Namun arahan Kahlon tersebut tidak mengubah status negara-negara Timur Tengah lainnya yang disebutkan dalam hukum era Mandat, di antaranya Iran, Lebanon, Suriah, dan Yaman.

Ditambahkan surat kabar Maariv, meski adanya hukum di tersebut, namun produk-produk Israel telah sejak lama dijual ke Irak melalui negara-negara proksi, seperti Yordania dan Siprus.

Produk-produk Israel tersebut di antaranya obat-obatan, produk pertanian, hingga kurma, yang banyak ditanam di wilayah permukiman di daerah yang diduduki Israel di Tepi Barat.

Arahan resmi oleh menteri keuangan Israel tersebut tidak turut menyertakan alasan diizinkannya perdagangan dengan Irak.

Inisiatif ini juga telah membuat Israel mampu menjangkau sejumlah negara Teluk, dengan tokoh-tokohnya menghadiri pertemuan publik dengan pejabat Oman, Emirat, dan Bahrain.

Irak dan Israel secara teknis berperang sebagai akibat dari keterlibatan Baghdad dalam Perang 1967 dan Perang 1973, yang keduanya berakhir tanpa kesepakatan damai formal.

Irak juga mengikuti boikot Liga Arab terhadap Israel, yang berdampak kepada kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik resmi.

Baca juga: Menteri Pertahanan Iran Janji Bakal Kalahkan Aliansi AS-Israel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com