Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oposisi Selandia Baru Sangkal Tuduhan Retas Dokumen Anggaran Negara

Kompas.com - 29/05/2019, 17:45 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber Reuters,BBC

WELLINGTON, KOMPAS.com - Partai oposisi utama Selandia Baru, Partai Nasional, menyangkal tudingan telah mereyas sistem komputer pemerintah untuk mencuri dokumen terkait anggaran negara.

Laporan BBC menyebutkan, Partai Nasional membocorkan rincian anggaran negara dua hari lebih cepat dari yang dijadwalkan.

Menteri Keuangan Selandia baru Gabriel Makhlouf mengatakan, situs Kementerian Keuangan telah diserang 2.00 kali dalam dua hari oleh peretas untuk memperoleh dokumen anggaran.

Baca juga: Pelaku Penembakan Masjid di Selandia Baru Dikenai Pasal Terorisme

"Kami mengindentifikasi sejumlah upaya terus-menerus untuk meningkatkan akses tidak resmi terhadap sistem kami, terutama terkait informasi bujet," ucapnya kepada Radio New Zealand, Rabu (29/5/2019).

Mengutip Reuters, Makhlof tidak menyebutkan dari mana serangan tersebut berasal. Namun, dia menyatakan serangan itu disengaja dan terjadi lebih dari 2000 kali.

Sementara itu, Pemimpin Partai Nasional Simon Bridges menuduh pemerintahan Perdana Menteri Jacinda Ardern berupaya untuk mencari kesalahan untuk menutupi rasa malu.

"Tidak ada peretasan dalam definisi apa pun," ucapnya.

"Mereka (pemerintah) sedang tidak mengendalikan apa yang dilakukan, sehingga mereka menyerang dan mencari-cari kesalahan," imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Ardern menyatakan tidak ada yang menghubungkan dugaan peretasan dengan Partai Nasional.

Menurutnya, Kementerian Keuangan juga belum mengindentifikasi siapa yang berada di balik serangan tersebut.

Sebagai informasi, anggaran negara berikutnya diharapkan fokus pada belanja di bidang yang melebihi pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: AS Tolak Dukung PM Selandia Baru yang Ingin Larang Konten Ekstremisme

Anggaran juga memprioritaskan berbagai masalah terkait kesehatan mental, kemiskinan anak, dan kekerasan dalam rumah tangga.

Merilis rincian keseluruhan dari anggaran pada Selasa, Partai Nasional mencemoohn bujet pemerintah karena dinilai tidak memiliki substansi.

Bereaksi terhadap kritik tersebut, pemerintah mengatakan beberapa data yang bocor tidak benar dan anggaran akan tetap dirilis pada Kamis (30/5/2019) sesuai rencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters,BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com