Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Tenggelamnya "Titanic Kanada"...

Kompas.com - 29/05/2019, 14:06 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

Sumber History

KOMPAS.com - Perjalanan menggunakan moda transportasi laut memiliki banyak risiko. Kecelakaan, kesalahan manusia, cuaca, hingga serangan musuh menjadi masalah besar pada era perkembangan perjalanan awal menggunakan kapal laut.

Kebanyakan orang menilai bahwa tenggelamnya RMS Titanic merupakan bencana terbesar dalam perjalanan kapal laut. Ternyata, setelah itu juga terjadi bencana kapal tenggelam.

Walau sistem keamanan telah ditingkatkan standarnya sejak Titanic tenggelam, ternyata bencana itu tetap ada.

Kapal RMS Empress of Ireland yang berasal dari Liverpool Inggris akhirnya tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal barang asal Norwegia Storstrad pada 105 tahun yang lalu, tepatnya 28 Mei 1914.

Dilansir dari History, tabrakan terjadi di teluk Saint Lawrence di Kanada. Kapal Storstad menabrak sisi kanan lambung kapal RMS Empress of Ireland hingga tembus 4 meter.

Air laut langsung memenuhi lambung kapal dan dalam waktu sekitar 14 menit kapal tenggelam. Sekitar 1.012 penumpang dan awaknya tewas dalam peristiwa ketika itu.

Peristiwa ini menjadikannya sebagai salah satu kecelakaan terbesar dalam dunia maritim. Beberapa pihak juga mengatakan bahwa bencana ini sebagai "Bencana Titanic Kanada".

Baca juga: 5 Fakta Menarik RMS Carpathia, Penyelamat Titanic yang Melegenda

Pembuatan kapal

Perjalanan trans-Atlantik menjadi ramai ketika banyaknya orang di Eropa ingin pergi ke Benua Amerika. Orang-orang dari Eropa menginginkan kehidupan yang berbeda dan mencoba peruntungan baru.

Selain itu, pesatnya perdagangan melewati trans-Atlantik juga menjadi pertimbangan dari perusahan untuk membuat kapal besar.

Pada 1904, pekerjaan dimulai di Skotlandia. Kapal dirancang oleh Francis Elgar dengan dua corong utama pembakaran. Rencananya, kapal ini mampu berjalan 18 knot atau 33 kilometer perjam.

Kapal ini memiliki panjang 170 meter dan lebar 20 meter, sehingga insinyur memastikan mampu menampung sekitar 1.500 orang.

Kecelakaan Titanic menjadi pertimbangan untuk membuat kapal dengan sistem keamanan yang lebih modern. RMS Empress dilengkapi dengan sepuluh sekat kedap air pada bagian lambung dan dilengkapi sekoci sesuai standar yang telah ditentukan.

Kapal ini diluncurkan pada 26 Januari 1906 dengan menyediakan empat kelas terisah pada tujuh geladak.

Baca juga: Mengenang Detik-detik Tenggelamnya Titanic 107 Tahun Lalu...

Akhir perjalanan

Kapal StorstadRadio Canada International Kapal Storstad

Selama beberapa tahun, kapal ini menghubungkan Liverpool dan Kanada. RMS Empress juga meramaikan lalu lintas trans-Atlantik yang padat pada waktu itu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber History
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com