Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polandia Berencana Beli 32 Jet Tempur F-35A dari AS

Kompas.com - 28/05/2019, 17:42 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Reuters

WARSAWA, KOMPAS.com - Polandia dikabarkan berencana untuk membeli 32 unit pesawat tempur F35A buatan Lockheed Martin. Jet tempur tersebut dibutuhkan untuk menggantikan armada era Uni Soviet yang telah usang.

"Hari ini kami telah mengirimkan permintaan kutipan (LOR) ke mitra Amerika kami mengenai pembelian 32 unit pesawat F-35A bersama dengan paket logistik dan pelatihan," tulis Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak, Selasa (28/5/2019), di akun Twitter-nya.

AS sebelumnya telah diperkirakan bakal memperluas penjualan pesawat tempur F-35 ke lima negara, termasuk Polandia, ketika sekutu Eropa mulai meningkatkan pertahanan mereka dalam menghadapi Rusia.

Polandia merupakan salah satu negara anggota NATO yang menghabiskan setidaknya 2 persen dari PDB untuk sektor pertahanan.

Baca juga: AS Siap Keluarkan Turki dari Program Jet Tempur F-35

Warsawa pada 2017 telah sepakat untuk meningkatkan belanja pertahanan mereka secara bertahap dari 2 persen menjadi 2,5 persen dari PDB.

Hal tersebut membuat belanja pertahanan Polandia meningkat menjadi hampir dua kali lipat mencapai sekitar 80 miliar zlotys (sekitar Rp 299 triliun) pada tahun 2032.

Penjualan senjata AS ke pemerintah asing dilaporkan telah meningkat hingga 13 persen menjadi 192,3 miliar dollar AS (sekitar Rp 2.700 triliun) pada akhir tahun fiskal 30 September, menurut Departemen Luar Negeri AS.

Harga satu unit jet tempur F35A diperkirakan senilai masing-masing 85 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Selama pernyataan yang disiarkan televisi, pada Selasa (28/5/2019), Blaszczak juga mengatakan, Polandia membuat kemajuan dalam meyakinkan AS untuk meningkatkan kehadiran militernya di negaranya.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump menyebut Jepang telah berencana membeli hingga 105 unit jet tempur F-35. Pernyataan itu disampaikan Trump usai kunjungannya ke Negeri Matahari Terbit itu.

Baca juga: Jepang Berencana Beli 105 Jet Tempur Siluman F-35 dari AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com