Kompas.com - 28/05/2019, 15:29 WIB

SUNLAND PARK, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump selama ini berusaha keras untuk membangun tembok di perbatasan Meksiko untuk menghalau kedatangan imigran legal.

Namun langkah tersebut terus ditepis oleh Kongres, yang menentang kebijakan tembok perbatasan.

Hal itulah yang membuat seorang veteran militer harus kembali ke lapangan. Kali ini dia tidak turun ke medan perang, melainkan melaksanakan konstruksi bagian pertama tembok perbatasan AS dan Meksiko pribadinya.

Baca juga: Pentagon Kembali Alihkan Dana Rp 21 Triliun untuk Tembok Perbatasan AS-Meksiko

Dia menggunakan uang dari sumbangan para pendukung Trump untuk mewujudkan pembangunan kontroversial itu.

Penduduk New Mexico bernama Jeff Allen terlihat mengenakan topi berwarna merah bertuliskan "Make America Great Again", sebuah jargon yang diucapkan oleh Trump dalam kampanye pilpres 2016.

Dengan bangga, dia menyaksikan peletakan batu pertama pada akhir pekan lalu. Para pekerja konstruksi tampak bekerja dengan peralatan konstruksi berat.

Mereka mendirikan pagar baja yang menjulang di tanah yang dia miliki di kota Sunland Park, di seberang Ciudad Juarez, Meksiko.

"Inilah cara orang Amerika bilang, 'Kongres, Anda tidak berharga, dan kami sedang memperjuangkannya. Kami akan membangun tembok sendiri'," ujar pria berusia 56 tahun itu.

"Ini bukan Eropa. Ini adalah Amerika. Kami melindungi perbatasan kami," katanya kepada AFP, Senin (27/5/2019).

Bertekad untuk membantu Trump memenuhi janjinya untuk membangun tembok di perbatasan, Allen bersama dengan United Constitutional Patriots, mulai mengerjakan proyek tembok itu.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.