Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Nazi Mendirikan Pabrik Mobil Rakyat Volkswagen

Kompas.com - 28/05/2019, 10:40 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan otomotif selalu menghadirkan desain yang menarik agar produknya dilirik konsumen. Berbagai inovasi dilakukan, baik itu pengembangan mesin, interior, maupun faktor kenyamanan penumpang ketika mobil itu melaju.

Kondisi itu juga dilakukan oleh Nazi Jerman ketika berkuasa. Mereka mendirikan perusahaan mobil milik negara pada 82 tahun yang lalu, tepatnya 28 Mei 1937.

Perusahaan ini dikenal sebagai "Gesellschaft zur Vorbereitung des Deutschen Volkswagens mbH". Tidak lama setelah itu, namanya diubah menjadi "Volkswagenwerk" atau Perusahaan Mobil Rakyat.

Sampai kini, Volkswagen masih berinovasi dalam meluncurkan produk otomotif kepada masyarakat dunia.

Baca juga: 7 Senjata Andalan Nazi pada Perang Dunia II...

Bagaimana awal kisahnya?

kap mesin mobil VW berlogo Swastikadw kap mesin mobil VW berlogo Swastika

Nazi Jerman menginginkan sesuatu yang berbeda dalam berbagai bidang. Salah satunya, Nazi ingin menghadirkan mobil murah atau mobil rakyat kepada masyarakat Jerman dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, Nazi menginginkan masyarakat mempunyai mobil yang bisa menjawab kebutuhan transportasi mereka serta memberikan kesenangan bagi warganya.

Awalnya, Nazi mengkampanyekan untuk menyambung akses tak terbatas jalan raya di seluruh Jerman. Kemudian, program ini bersambung dengan membuat pabrikan mobil yang terletak di Wolfsburg.

Dilansir dari Britannica, perusahaan Gesellschaft zur Vorbereitung des Deutschen Volkswagens mbH berdiri dan menjawab semua pertanyaan masyarakat akan hadirnya mobil murah.

Perusahaan ini sepenuhnya dioperasikan oleh warga Jerman yang tergabung dalam Front Buruh Jerman (Deutsche Arbeitsfront), sebuah organisasi milik Nazi.

Ferdinand Porsche diberikan tanggung jawab sebagai insinyur perusahaan ini. Dia memiliki peran untuk memberikan sentuhan desain dan mengontrol perkembangan dari awal dari industri ini.

Tak lama setelah itu, perusahaan mulai mengembangkan dan memproduksi massal kendaraan yang terjangkau dengan harga murah.

Karena bertujuan untuk mobil rakyat, perusahaan menjualnya dengan harga kurang dari 1.000 mark Reich atau sekitar 140 dollar ketika itu.

"Ini untuk masyarakat luas," seru Hitler ketika berpidato di depan masyarakat di Jerman.

Tak lama setelah itu, mobil mulai dibuat oleh perusahaan dan mobil mulai dipamerkan. Mobil ini kali pertama dipamerkan di Berlin Motor Show pada 1939.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Toyota Lahir Berawal dari Industri Tekstil

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com