Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panggung Audisi Pertunjukan Tari Runtuh, Seorang Remaja China Tewas

Kompas.com - 27/05/2019, 20:09 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

ZHANGZHOU, KOMPAS.com - Seorang remaja berusia 13 tahun tewas dan 14 anak lainnya luka-luka, setelah sebuah panggung ambruk saat audisi tari di China tenggara, Sabtu (25/5/2019).

Lebih dari seratus anak-anak dan puluhan orang dewasa berdiri di atas panggung di Teater Golden Daffodil di Zhangzhou saat mendadak lantai bagian tengah panggung runtuh.

Puluhan orang, sebagian besar anak-anak, terjatuh ke dalam lubang panggung tersebut.

Anak-anak itu sedang mengikuti audisi untuk pertunjukan tari yang dikenal dengan judul "Lucky Peacock".

Detik-detik runtuhnya lantai panggung sempat terekam kamera salah satu orangtua anak-anak yang kemudian ditampilkan oleh media penyiaran CCTV pada Minggu (26/5/2019) pagi.

Baca juga: Tambang Batu Bara di China Runtuh, 21 Penambang Tewas

Dalam rekaman tampak jelas runtuhnya panggung saat anak-anak berjalan kebagian tengah panggung untuk berfoto bersama, namun belum sampai pada posisi, mendadak beberapa barisan terperosok ke bawah dan hilang dari layar.

"Anak-anak jangan bergerak, anak-anak jangan bergerak!" suara seorang wanita berbicara melalui mikrofon, saat anak-anak dan orang dewasa berteriak sesaat setelah insiden.

Para orangtua pun bergegas naik ke atas panggung untuk memberi pertolongan, sementara anak-anak yang masih berdiri di atas panggung mulai bergerak menjauhi lubang.

Seorang anak dinyatakan meninggal di lokasi kejadian meski sempat mendapat upaya pertolongan darurat.

Tiga anak lainnya menderita luka serius dan segera dilarikan ke rumah sakit. CCTV melaporkan total ada sebanyak 14 anak yang mengalami luka.

Seorang pejabat pemerintah kota Zhangzhou mengatakan, insiden tersebut disebabkan karena terlalu banyaknya orang yang naik ke atas panggung secara bersamaan untuk foto, demikian dikutip portal berita Thepaper.

Sementara pihak penyelenggara beralasan runtuhnya pangggung dikarenakan panggung yang sudah tua dan usang, sehingga tidak mampu menahan beban anak-anak yang berfoto.

Seorang anggota penyelenggara audisi yang diidentifikasi bernama Yuan, bersama dengan satu orang lainnya dari perusahaan yang terlibat, ditahan setelah insiden.

Baca juga: Trotoar Runtuh, 2 Perempuan Tertelan ke Dalam Tanah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com