Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berenang di Hawaii, Pria Tewas Diserang Hiu

Kompas.com - 27/05/2019, 19:03 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber CNN,USA Today

MAUI, KOMPAS.com - Seekor hiu menyerang pria berusia 65 tahun hingga tewas. Insiden itu terjadi ketika korban sedang berenang di pesisir Maui, Hawaii, AS.

Diwartakan CNN, Minggu (26/5/2019), pria tersebut tewas pada Sabtu pagi lalu diserang sekitar 54 meter dari Pantai Kaanapali sekitar pukul 08.30 pagi.

Juru bicara Departemen Sumber Daya Alam Hawaii Dan Dennison mengatakan, pihak berwenang telah memasang tanda peringatan serangan hiu pada jarak sekitar setengah mil dari bibir pantai.

Baca juga: Berenang di Area Terlarang, Seorang Peselancar Tewas Diterkam Hiu

Pihak berwenang tidak merilis identitas korban, namun dia diketahui tinggal di California. Banyak saluran TV setempat melaporkan, pria tersebut bernama Thomas Smiley.

Sementara itu, otoritas juga tidak melaporkan jenis hiu yang menyerang korban.

Laporan dari Departemen Kebakaran dan Keselamatan Umum Maui menyebutkan, korban tidak sadarkan diri dan CPR telah dikerahkan setelah membawanya ke pinggir pantai.

"Saat kami mendekat, saya melihat darah di perutnya, dan saya melihat darah lagi di pergelangan tangannya," ujar saksi mata Allison Keller, seperti dikutip dari USA Today.

"Kemudian saya mendekat lagi dan kaki kirinya dari lutut ke bawah sudah terputus," imbuhnya.

Serangan hiu yang fatal di Hawaii terakhir kali terjadi pada 2015. Kala itu, seseorang menyelam di sekitar pantai Maui dan tewas diserang hiu.

Insiden lainnya menimpa seorang perselancar di Hanalei Bay. Seekor hiu macam menyerangnya hingga melukai kaki kirinya. Seorang perenang juga terluka setelah digigit hiu di Kaiwi Channel.

Baca juga: Ratusan Hiu Yang Mati Mendadak di Karimunjawa Diduga Diracun Pestisida

Di seluruh dunia, ada 66 kasus serangan hiu yang telah dikonfirmasi. Data dari Florida Museum of Natural History's International Shark Attack File menyebutkan, manusia memiliki peluang satu dari 3,7 juta kesempatan diserang hiu hingga tewas.

Sementara, kecelakaan mobil yang berakhir fatal berpeluang terjadi satu dari 84 kesempatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com