Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film tentang Wiji Thukul Diputar dalam Festival di Argentina

Kompas.com - 27/05/2019, 15:44 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BUENOS AIRES, KOMPAS.com — Film Istirahatlah Kata-kata karya Sutradara Yosep Anggi Noen ditampilkan dalam Festival Film Politik Argentina (FICIP) di Buenos Aires pekan lalu (22/5/2019).

Film Istirahatlah Kata-kata itu masuk ke dalam kategori film internasional nonkompetisi yang diputar tepat sebelum perhelatan penutupan FICIP.

Baca juga: Putri Wiji Thukul Kini Tak Mau Lagi Menyimpan Ekspektasi...

Setelah diputar, film itu mendapatkan tanggapan positif. Beberapa sineas muda Argentina yang ikut dalam pemutaran memuji nuansa yang dibawakan Istirahatlah Kata-kata.

"Kami belum banyak kenal dengan film Indonesia. Namun, hari ini kami mendapatkan kesempatan yang baik untuk menikmatinya," ujar salah seorang pengunjung.

Di akhir pemutaran, para penonton diberikan kesempatan untuk melakukan diskusi tentang film bersama dengan perwakilan dari KBRI di Buenos Aires.

"Banyak yang tertarik dengan film Indonesia dan menginginkan supaya lebih banyak ditayangkan di Argentina," kata Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Fiki Oktanio.

Film Istirahatlah Kata-kata merupakan sebuah film drama yang menceritakan kisah perjalanan Wiji Thukul, seorang penyair kritis di era pemerintahan Presiden Soeharto.

Adapun FICIP merupakan festival film tahunan yang bertema politik dan diselenggarakan dengan mengangkat tema-tema khusus.

Pada 2019 ini, FICIP digelar di 16-22 Mei di Buenos Aires dan mengangkat tema demokrasi dan keadilan hukum serta diikuti oleh 25 negara, termasuk Indonesia.

Baca juga: Aktivis Desak Usut Tuntas Kasus Pembubaran Pameran Seni Wiji Thukul

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com