Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kucumbu Tubuh Indahku" dan "AADC? 2" Diputar di Bioskop Italia

Kompas.com - 27/05/2019, 12:47 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Masyarakat Italia, khususnya di ibu kota Roma, dilaporkan berkesempatan untuk menikmati buah karya sineas Indonesia dalam acara bertajuk Indonesian Cinema Days.

Diputar di bioskop Cinema Farnese pada 23-26 Mei kemarin, acara itu merupakan rangkaian dari peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Italia.

Acara ini diselenggarakan oleh KBRI Roma dan Pusbangfilm Kemdikbud RI yang bekerja sama dengan Inisiatif Budaya Gabungan (JCI) Italia demi mempromosikan Indonesia melalui film.

Baca juga: Bioskop Ini Izinkan Pengunjung Bawa Anjing Peliharaan saat Menonton

Ada 11 film yang diputar selama empat hari. Supaya sesuai dengan selera masyarakat Italia, film-film itu dipilih oleh Italo Spinelli selaku direktur artistik.

Spinelli merupakan sutradara kawakan Italia yang mengenal dunia perfilman Indonesia dengan cukup baik. Dia menitikberatkan film yang berkarakter kuat dan berkualitas tinggi.

Judul film yang ditampilkan antara lain Kucumbu Tubuh Indahku, Ada Apa dengan Cinta atau AADC? 2, Marlina Si Pmebunuh dalam Empat Babak, maupun Istirahatlah Kata-kata.

Pada kesempatan itu hadir juga para produser dan pemeran film. Yakni Ayu Laksmi sebagai pemeran dalam film Sekala Niskala, Christoffer Nelwan pemeran film Athirah.

Kemudian ada juga Anastasia Rima Damayanti selaku produser yang mewakili film produksi Garin Nugroho.

Selain pemutaran film, ada juga diskusi dan pembahasan mengenai perkembangan terkini Indonesia ditinjau dari aspek politik, ekonomi, serta sosial budaya.

Diskusi itu dibawakan oleh Profesor Romeo Orlandi dari Universitas Bologna, Profesor Antonia Soriente dai Universitas Napoli L'Orientale, dan jurnalis Emanuele Giordana.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Italia Esti Andayani mengaku sangat bergembira karena festival film Indonesia bisa terselenggara di Roma untuk pertama kalinya.

"Saya berharap melalui pemutaran film Indonesia ini, warga Italia semakin mengenal Indonesia yang selanjutnya akan mendorong kerja sama di berbagai bidang," ujar Esti.

Giada, seorang pengunjung menyampaikan kekagumannya akan film yang ditonton. Dia berkata film itu menarik dan menyampaikan pesan spesial kepada penontonnya.

"Saya mengajak teman-teman di Italia untuk datang ke festival dan menonton film-filmnya," terang Giada yang berujar, mereka sangat antusias menikmati pemutaran film.

Baca juga: Fakta Bioskop Rakyat di Pasar Teluk Gong: Harga Tiket Masih Rp 10.000 hingga Kapasitas 126 Kursi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com