Kompas.com - 24/05/2019, 21:26 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilaporkan bakal memboyong keluarganya ketika melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris.

Kabar itu muncul dari kicauan jurnalis New York Times Maggie Habberman di Twitter Kamis siang waktu setempat (23/5/2019), seperti dilansir The Independent.

Istana Buckingham sebelumnya membenarkan tanggal kunjungan Trump pada Juni mendatang. Sekitar 2,5 tahun sejak mereka melayangkan undangan meski belum dibalas Gedung Putih.

Baca juga: Trump: Huawei Bisa Masuk dalam Kesepakatan Dagang AS-China

Daftar tamu dalam jamuan makan malam pada 3 Juni mendatang itu juga belum diumumkan. Meski begitu, diyakini keluarga sang presiden bakal mendampinginya.

Dengan demikian, Trump berpotensi membawa Ibu Negara Melania, putrinya Ivanka beserta suaminya Jared Kushner, serta seluruh anaknya yang sudah dewasa.

Trump yang sebelumnya mengkritik mantan Perdana Menteri Inggris Theresa May karena caranya menangani Brexit juga dilaporkan bakal bertemu dengannya.

"Saya sudah memberitahunya apa yang harus dilakukan. Namun dia memilih untuk memilih jalan lain. Jadi itu terserah dia," ujar Trump dalam kunjungan terakhir 2018 lalu.

Pernyataan itu memaksa Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders mengeluarkan keterangan resmi bahwa pada dasarnya Trump menghormati dan menyukai May.

Saat itu, Sanders menuturkan May merupakan pemimpin yang baik dan tidak pernah mengucapkan hal buruk tentang May. "Beliau juga mengucapkan terima kasih atas penerimaan PM May selama di Inggris," ukasnya.

Dalam laporan yang berkembang, Duke dan Duchess of Sussex tidak akan mendampingi Ratu Elizabeth dalam acara makan malam dengan keluarga Trump.

Sebabnya sang Duchess, Meghan Markle seperti dikutip The Times, pernah melontarkan komentar bahwa presiden dari Partai Republik itu merupakan sosok "misoginis" pada 2016.

The Times juga mencatat Trump tidak akan disambut menggunakan kereta kencana di Horse Guards Parade sesuai keinginannya. Namun bakal disambut oleh Ratu Elizabeth sendiri.

Trump dikabarkan juga bakal menginap di Regent's Park yang merupakan kediaman Duta Besar AS untuk Inggris alih-alih di Istana Buckingham.

Baca juga: Tonton Pertandingan Sumo Sambil Duduk di Kursi, Trump Dikecam Penggemar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.