Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Penerbang Pionir Perempuan Amy Johnson, Pesawat Jason hingga Kematian Misterius

Kompas.com - 24/05/2019, 19:39 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika dunia penerbangan semakin berkembang, misi penjelajahan melalui jalur udara semakin sering dilakukan. Tak hanya lintas kota dan negara, bahkan pesawat mulai digunakan untuk lintas benua.

Jarak Eropa menuju Australia tercatat puluhan ribu kilometer dan belum ada perempuan yang berhasil terbang di atasnya. Rekor terpecahkan setelah Amy Johnson berhasil terbang solo dari Inggris menuju Australia.

Namanya tercatat sebagai perempuan pertama yang terbang sendiri menuju dari Eropa ke Australia. Dia juga dikenal sebagai pionir penerbangan dari Inggris. 

Banyak sisi lain Amy Johnson yag menarik disimak, berikut ulasannya:

1. Nekad demi rekor

Amy JohnsonDaily Mail Amy Johnson
Setelah lulus dari Universitas Sheffield dengan gelar sarjana ekonomi, Johnson bekerja di London sebagai pengacara. Ia mulai mengenal penerbangan setelah melihat banyak pria yang menjadi pilot.

Dia akhirnya ikut sekolah penerbangan dan membuktikan bahwa perempuan mempunyai kompeten yang sama dengan lelaki.

Setelah beberapa kali uji penerbangan, ia ingin menyelesaikan misi terbang menuju Australia.

Berangkat pada 5 Mei 1930 dari Croydon, ia berhasil mendarat dengan selamat di Darwin Australia pada 24 Mei 1930. Keberhasilan ini memantapkan namanya dalam rekor penerbangan.

Baca juga: Catatan Rekor Penerbangan Trans-Atlantik, Penerbangan Solo hingga Balon Zeppelin

Pada tahun yang sama, dia menjadi salah satu penerbang yang dominan dalam militer Inggris. Dia juga menjadi satu-satunya insiyur penerbangan di Inggris.

Sepanjang 1930-an, ia melanjutkan untuk membuat banyak catatan lain termasuk menjadi pilot pertama yang terbang dari London ke Moskwa dalam sehari.

Selain itu, dia juga menetapkan rekor penerbangan dari Inggris menuju Jepang dan penerbangan solo antara London menuju Cape Town, Afrika Selatan.

2. Pesawat bernama "Jason"

Pesawat Jason milik Amy Johnson mendarat di AustraliaMirror Pesawat Jason milik Amy Johnson mendarat di Australia
Setahun setelah lulus dari sekolah penerbangan, dia ingin terbang menuju Australia. Namun, kendala ketika itu adalah mengenai sistem pendanaan. Ia berusaha mencari sponsor ke berbagai pihak, namun hasilnya nihil.

Akhirnya berkat bantuan ayahnya dan gelontoran dana dari pedagang minyak, ia bisa memberli pesawat de Havilland DH60 Gipsy Moth untuk misi kali ini.

Pesawat itu merupakan pesawat bekas dan harus mereka modifikasi untuk menunjang penerbangan. Pada akhirnya, pesawat diberi nama "Jason" sesuai merek dagang bisnis ikan ayahnya.

3. Dilamar pilot

Amy Johnson dan Jim MollisonMirror Amy Johnson dan Jim Mollison
Keberhasilan dalam penerbangan membuatnya terkenal. Selain banyak relasi, dia juga mendapatkan banyak kenalan lainnya, mulai dari pejabat hingga pilot yang menjadi rekannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com