Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Pesan Telegraf Pertama Samuel Morse: Apa yang Tuhan Lakukan?

Kompas.com - 24/05/2019, 18:10 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

Sumber History

KOMPAS.com - Sejak berkembangnya internet, sistem komunikasi jarak jauh menjadi begitu mudah. Kita bisa saling memberikan kabar tanpa ada penghalang jarak dan waktu, dan langsung terhubung.

Namun, jauh sebelum era internet, ada masa di mana komunikasi sangat sulit. Perbedaan wilayah menjadi penghalang berat. Maka dari itu, beberapa penemu membuat alat yang bisa memudahkan komunikasi jarak jauh.

Seorang penemu asal Amerika Serikat bernama Samuel Morse mengubah sistem komunikasi dengan menghadirkan alat yang disebut telegraf. Alat ini menggunakan aliran listrik untuk mengirimkan pesan dalam bentuk kode.

Penemuan ini menjadi titik terang bagi manusia untuk berkomunikasi jarak jauh. Pada 24 Mei 1844, Samuel Morse mengirimkan pesan telegraf pertamanya kepada publik.

Dilansir dari History, pesan ini dikirimkan dari Gedung Capitol, di Washington DC menuju stasiun kereta api di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat. Di stasiun, sudah ada seseorang bernama Alfred Vail yang menerima pesan tadi.

Berikut kata pertama yang dikirim Morse:

"What hath God wrought.." (Apa yang telah Tuhan lakukan?)

Kata-kata singkat itu dikirim oleh Samuel Morse dalam demonstrasi yang disaksikan oleh anggota Kongres AS. Semuanya terkagum-kagum dengan keberhasilan alat ini.

Adapun, kalimat itu diambil dari Alkitab berdasarkan usulan Annie Ellsworth, istri Komisaris Kantor Paten AS Henry Leavitt Ellsworth, yang merupakan sahabat Morse. 

Tak lama setelah itu, Alfred Vail membalas pesan singkat Morse dan dikirimkan kembali menuju Gedung Capitol.

Selama beberapa tahun kemudian, berbagai perusahaan swasta dengan menggunakan hak paten ciptaan Morse, membangun jaringan telegraf di wilayah AS.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Samuel Morse, Penemu Sandi Morse

Keyakinan Kongres AS 

Samuel Morse dalam foto karya Matthew Brady pada 1857.Wikipedia Samuel Morse dalam foto karya Matthew Brady pada 1857.

Samuel Finley Breese Morse, atau dikenal dengan nama Samuel Morse, merupakan seorang pelukis serta penemu yang berasal dari Amerika Serikat.

Dia lahir pada 27 April 1791 di Charlestown, Massachusetts. Dia kuliah di Universitas Yale dan tertarik pada seni dan ilmu kelistrikan.

Setelah lulus, dia menjadi pelukis. Hasratnya timbul untuk meninggalkan Amerika Serikat ketika mendengar penemuan elektromagnetik. Akhirnya, dia memutuskan untuk pergi ke Eropa.

Halaman:
Baca tentang
Sumber History

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com