Kompas.com - 24/05/2019, 13:19 WIB

KIEV, KOMPAS.com - Presiden baru Ukraina Volodymyr Zelensky menceritakan pengalaman hari-hari pertamanya bekerja sebagai presiden, yang menurutnya cukup mengejutkan.

"Ada banyak sekali pekerjaan," kata pria berusia 41 tahun itu di sela-sela mengunjungi pameran buku internasional di Kiev, Kamis (23/5/2019).

Zelensky, yang sebelumnya dikenal sebagai aktor komedi, kembali menegaskan janjinya untuk tidak menggunakan kantor kepresidenan di gedung era Soviet yang megah di pusat kota.

"Saya tidak suka suasananya, bangunannya. Kami akan memikirkan apa yang bisa dilakukan tentang itu," tambahnya.

Baca juga: Presiden Terpilih Dilantik, Perdana Menteri Ukraina Malah Mundur

Zelensky memenangkan pemilihan presiden Ukraina dengan mengalahkan Petro Poroshenko dan dilantik pada Senin (20/5/2019) lalu.

Dalam pidato pelantikannya, Zelensky mengumumkan pembubaran parlemen untuk menggelar pemilu parlemen awal pada 21 Juli mendatang.

Presiden termuda Ukraina itu juga berjanji untuk menghentikan perang dengan kelompok separatis di timur negara yang menewaskan sekitar 13.000 jiwa.

Tetapi pilihan staf kepresidenannya mengundang kritik karena dikhawatirkan ada keterikatan dengan taipan Ukraina Igor Kolomoisky, meski telah berulang kali disangkal.

Kolomoisky adalah pemilik saluran televisi yang menyiarkan acara komedi Zelensky.

Zelensky telah menunjuk pengacara pribadi Kolomoisky, Andriy Bogdan sebagai kepala stafnya.

Kolomoisky memiliki sedang terlibat pertempuran hukum tingkat tinggi dengan pemerintah Ukraina terkait kepemilikan pemberi pinjaman terbesar di negara itu, PrivatBank.

Taipan yang sempat dua tahun dalam pengasingan di Israel dan Swiss itu dilaporkan kembali ke Ukraina minggu lalu.

Baca juga: Resmi Dilantik, Presiden Ukraina Langsung Umumkan Pembubaran Parlemen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.