Kompas.com - 24/05/2019, 09:05 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Arab Saudi mengklaim telah menembak jatuh sebuah drone bermuatan bahan peledak yang dikerahkan oleh kelompok pemberontak Yaman untuk menyerang bandara.

"Sebuah perangkat pesawat nirawak dengan bahan peledak yang dikirimkan oleh milisi Houthi untuk menyerang bandara Najran telah dicegat dan dihancurkan oleh angkatan udara Saudi," ujar juru bicara koalisi Kolonel Turki al-Maliki, Kamis (23/5/2019).

Stasiun televisi pemberontak Yaman, Al-Masirah, mengatakan serangan itu, yang ketiga kalinya menyerang bandara Najran dalam 72 jama terakhir, telah ditargetkan sistem pertahanan udara Patriot, buatan AS.

Baca juga: Saudi Klaim Pemberontak Houthi Kirim Misil ke Mekah

"Pemberontak melakukan serangan terhadap bandara sipil dan memperingatkan akan adanya tanggapan," lanjut Maliki.

Sebelumnya, pada Selasa (21/5/2019), sebuah drone peledak yang terbang melintas berakhir menabrak gudang senjata di bandara yang sama dan memicu terjadinya kebakaran.

Maliki turut mengkonfirmasi adanya serangan dari kelompok pemberontak yang menyerang instalasi sipil di Provinsi Najran menggunakan drone peledak. Serangan itu dilaporkan tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Koalisi pimpinan Arab Saudi telah melakukan intervensi terhadap konflik di Yaman pada Maret 2015 dan mendorong mundur pemberontak pemberontak Houthi yang didukung Iran, yang terus mengendalikan ibu kota Sanaa dan mengembalikan kekuasaan presiden Abedrabbo Mansour Hadi.

Sejak saat itu, konflik yang terjadi dilaporkan telah menewaskan puluhan ribu orang, banyak di antaranya merupakan warga sipil. Demikian kata lembaga bantuan kemanusiaan.

Kondisi tersebut telah memicu apa yang digambarkan PBB sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dengan lebih dari 24 juta orang penduduk membutuhkan bantuan.

Baca juga: Diserang Drone Bersenjata Houthi, Saudi Tutup Jaringan Pipa Minyak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.