Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Pertimbangkan Kirim Lebih Banyak Tentara ke Timur Tengah

Kompas.com - 24/05/2019, 07:20 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Amerika Serikat dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk mengirim lebih banyak pasukan ke wilayah Timur Tengah.

Pengerahan tambahan pasukan tersebut guna mencari cara untuk meningkatkan perlindungan terhadap pasukan AS di wilayah yang bergolak. Demikian kata penjabat Menteri Luar Negeri AS Patrick Shanahan.

Shanahan juga kembali membantah laporan yang menyebut rencana pengerahan 10.000 tentara AS ke wilayah Teluk karena peningkata ketegangan dengan Iran.

"Apa yang kita lihat adalah, apakah ada hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan perlindungan pasukan di Timur Tengah? Mungkin ini melibatkan pengiriman pasukan tambahan," ujar penjabat menteri pertahanan AS Patrick Shanahan, Kamis (23/5/2019).

Baca juga: Pentagon Kirim Kapal Amfibi dan Sistem Rudal Patriot ke Wilayah Teluk

Sebelumnya, Pentagon telah mengumumkan sejumlah operasi militer AS yang telah dikerahkan, yakni diantaranya pengerahan pesawat pembom B-52 hingga sistem pertahanan rudal Patriot dan penempatan kelompok kapal induk AS ke Teluk.

Gerakan-gerakan tersebut, dikatakan Pentagon sebagai tanggapan akan peringatan intelijen tentang ancaman serangan terhadap kepentingan AS di Timur Tengah.

Tidak dijelaskan hingga kini bentuk ancaman yang dikatakan Pentagon datang dari Iran.

Langkah pengerahan pasukan dan armada tempur ke wilayah Teluk dan Timur Tengah juga mendapat pandangan skeptis dari Kongres yang khawatir akan terjadinya kesalahan perhitungan yang berbahaya untuk AS.

Shanahan, awal pekan ini mengatakan, respons AS telah membuat ancaman tersebut ditunda atau dibatalkan.

"Kami telah mencegah serangan berdasarkan penempatan kembali aset kami, menghambat serangan terhadap pasukan AS," kata Shanahan kepada wartawan, Selasa (21/5/2019), usai menyampaikan pengarahan singkat kepada Kongres AS.

"Fokus terbesar kami saat ini adalah mencegah terjadinya kesalahan perhitungan terhadap Iran. Kami tidak ingin ketegangan meningkat," ujarnya.

Baca juga: Kurangi Ketegangan, Irak Bakal Kirim Delegasi ke AS dan Iran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com