Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Bugilnya Tersebar, Hakim Ini Terpaksa Pensiun

Kompas.com - 22/05/2019, 15:07 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.como - Seorang hakim perempuan di Rusia dilaporkan memutuskan pensiun setelah mengaku ponselnya diretas sehingga foto bugilnya tersebar di media sosial.

Hakim bernama Irina Devayeva itu mengaku iPhone miliknya diretas sehingga foto bugil itu bisa tersebar hingga sampai di tangah sejumlah koleganya.

Baca juga: Foto Selfie Bugilnya Ditemukan Murid, Guru Ini Dipecat Sekolah

Seperti diberitakan Daily Mirror Selasa (21/5/2019), pejabat anonim  Moskwa menuturkan Devayeva sudah memutuskan untuk mengundurkan diri sejak Maret lalu.

Namun berdasarkan sumber yang dikutip oleh Znak.com, justru ketua yudisial distrik serta hakim pengadilan negeri memaksa Devayeva untuk pensiun.

Menurut keterangan sumber itu, foto bugil yang dibuat Devayeva itu terjadi sebelum dia menjadi hakim pada 2016. Namun, foto itu tidak disebarluaskan.

"Jadi kami menduga ponsel iPhone 10 miliknya diretas sehingga foto itu tersebar hingga ke komisi yudisial. Tentu saja dia dipaksa menulis surat pensiun dini," kata sumber itu.

Devayeva telah dihujani kritikan menyusul keputusan pada Agustus 2018 untuk mengirim dua remaja yang diduga anggota ekstremis dari penjara ke tahanan rumah.

Dia juga mengaku sudah terlibat "ketegangan yang panas" dengan atasannya. Ketika Znak.com mencoba menghubunginya, seorang pria mengangkat telepon Devayeva.

Pria yang tidak dijelaskan apa hubungannya dengan Devayeva tiu mengatakan sang hakim tidak ingin berkomentar.

Netizen di Rusia menyebut Devayeva sebagai korban karena ponselnya sengaja diretas sehingga foto tidak senonohnya disebarluaskan ke media sosial.

"Meretas ponsel tidak melanggar ya? Jadi bagaimana dengan privasi? Atau kemunafikan lama Uni Soviet tidak luntur?" tanya seorang warganet setempat.

Baca juga: Gadis di Bawah Umur Diperkosa Pria yang Ancam Sebarkan Foto Bugilnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com