Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM India Beri Selamat ke Presiden Jokowi Pakai Bahasa Indonesia

Kompas.com - 21/05/2019, 21:22 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber The Hindu

NEW DELHI, KOMPAS.com - Sejumlah pemimpin dunia memberikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah meraih kemenangan dalam Pemilu 2019.

Salah satunya adalah Perdana Menteri India Narendra Modi yang mengucapkan selamat melalui kicauannya di Twitter menggunakan Bahasa Indonesia.

Baca juga: Mahathir Ucapkan Selamat kepada Presiden Jokowi atas Kemenangan di Pemilu 2019

"Selamat yang sebesar-besarnya kepada Jokowi atas terpilihnya Anda kembali!" demikian pernyataan Modi di Twitter seperti dikutip The Hindu Selasa (21/5/2019).

Modi menuturkan sebagai dua negara demokrasi besar, dia menyatakan bangga terhadap keberhasilan Indonesia dalam menyelanggarakan pemilu pada 17 April lalu.

"Kami berharap Anda dan rakyat Indonesia semua sukses di bawah kepemimpinan dinamis Anda," terang perdana menteri dari Bharatiya Janata Party itu.

Modi juga mengatakan saat India dan Indonesia menandai 70 tahun hubungan diplomatik, dia berharap bisa semakin mempererat kemitraan strategis dan komprehensif.

Tak lupa mantan Menteri Utama Negara Bagian Gujarat periode Oktober 2001 hingga 22 Mei 2014 itu juga menyertakan ucapan selamatnya dalam bahasa Inggris.

Adapun Modi juga berpeluang terpilih kembali dalam periode kedua setelah exit poll dari lima lembaga survei memprediksi Bharatiya memperoleh 304 kursi parlemen.

Selain Modi, ucapan selamat juga datang dari Perdana Menteri Australia Scott Morrison di mana dia menyebut Indonesia adalah mitra strategis negaranya.

"Kami sangat menantikan hubungan yang lebih dalam antara Indonesia dan Australia di seluruh kepentingan kedua negara," ujar Morrison di Twitter.

Morrison sendiri saat ini meraih kemenangan dalam pemilu yang dilaksanakan Sabtu (18/5/2019), di mana hasil yang diraihnya mengagetkan publik Negeri "Kanguru".

Berpasangan dengan KH Ma'ruf Amin, Jokowi menang setelah memperoleh 55,5 persen. Sementara pasangan Prabowo dan Sandiaga Uno mendapatkan 44,5 persen.

Jumlah perolehan suara Jokowi-Ma'ruf sebanyak 85.607.362 atau 55,50 persen suara, sedangkan perolehan suara Prabowo-Sandi sebanyak 68.650.239 atau 44,50 persen suara.

Selisih suara kedua pasangan 16.957.123 atau 11 persen suara. Adapun jumlah pemilih yang berada di dalam ataupun luar negeri mencapai 199.987.870 orang.

Sementara pemilih yang menggunakan hak pilih sebanyak 158.012.506 orang. Dari total suara yang masuk, 3.754.905 suara tidak sah sehingga jumlah suara sah sebanyak 154.257.601 suara.

Baca juga: Bertemu Jokowi, Ketum Golkar dan PKB Sama-Sama Lobi Kursi Ketua MPR

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Hindu
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com