Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena Wajahnya Terlalu Cantik, Wanita Ini Mengaku Sulit Dapat Kerja

Kompas.com - 21/05/2019, 15:28 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Seorang wanita lulusan jurusan hukum di universitas London, Inggris, dilaporkan memutuskan untuk membuka perusahaan sendiri setelah kesulitan mendapat pekerjaan.

Perempuan kelahiran Rusia bernama Irina Kova itu mengaku tidak bisa mendapat kerja karena wajahnya yang cantik bisa menimbulkan huru-hara di calon lingkungan kerja.

Baca juga: Dituding Palsukan Foto Cantik, Evi Sebut Kerjaan Lawan Politik Tidak Berbobot

Diwartakan Oddity Central Senin (20/5/2019), Kova berkata wajah rupawannya itu membuat karyawan perempuan merasa terintimidasi dan tak percaya kepadanya.

Sementara atasan maupun rekan kerja pria, seperti diucapkan oleh perempuan berusia 33 tahun itu, tidak ingin perhatian mereka teralihkan tatkala memandangnya.

Kenyataan itu membuat Kova mengaku frustrasi karena karirnya terancam hancur meski mempunyai pengalaman mumpuni dan fakta pernah menangani klien besar.

Kepada tabloid Inggris The Sun, Kova mengatakan daya tariknya memberikan pengaruh negatif baik ketika proses wawancara atau saat dia sudah masuk kerja.

Untuk meningkatkan peluangnya mendapat kerja, agen Kova menyuruhnya untuk mewarnai rambutnya menjadi lebih gelap supaya dia terlihat lebih profesional.

"Agen rekrutmen saya meminta supaya mengubah penampilan saya. Dia ada benarnya. Setelah saya mewarnai rambut, saya juga memakai kacamata supaya terlihat berwibawa," terang dia.

Namun meski dia lolos wawancara, ketika dia bekerja ternyata rekan maupun bos tidak menanggapinya dengan serius. Salah seorang bosnya sempat memintanya untuk lebih bersikap ramah.

Namun Kova mengungkapkan dia tidak bisa karena itu sudah sifat alaminya. "Mantan bos saya menafikan fakta saya terlalu glamor, jadi saya memilih berhenti," katanya.

Selain itu, rekan kerja yang sudah mempunyai istri melarang pasangannya datang ke kantor karena tidak ingin melihat ada perempuan seksi dan cantik duduk di sana.

Baca juga: Atlet Cantik Latvia Positif Doping

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com