Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Dinas Rahasia Dunia yang Mendapat Polesan Uni Soviet..

Kompas.com - 21/05/2019, 03:12 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

Sumber RBTH

KOMPAS.com - Setiap negara di dunia memiliki militer yang kuat untuk menjaga kedaulatan negara. Tak hanya itu, tiap negara juga perlu mempunyayai dinas rahasia atau badan intelijen yang bertugas mencari informasi yang diperlukan.

Badan intelijen ini melakukan pencarian informasi penting atau menjaga dokumen rahasia untuk melindungi negara dari ancaman negara lain.

Setidaknya, terdapat tiga dinas rahasia atau badan intelijen dunia yang terkenal mumpuni saat mereka masih beroperasi. Uniknya, ketiga badan itu mendapatkan bantuan dari Uni Soviet dalam pembentukannya.

Berikut ulasannya:

1. Stasi

Staatssicherheitsdienst atau Kementerian Keamanan Negara merupakan dinas rahasia negara Jerman Timur ketika masih berada dalam pengaruh Uni Soviet. Dinas rahasia ini didirikan pada 1950 dengan bantuan dinas rahasia Soviet, KGB.

Selama tujuh tahun agen spionase itu berada di bawah kendali penuh dari orang-orang Soviet.

Pada 1957, Stasi resmi berdiri sendiri dan kendali dari militer Uni Soviet mulai lepas. Dinas rahasia ini mulai mendapatkan kepercayaan untuk melakukan tugasnya sendiri.

Dengan lebih dari 38.000 agen rahasia yang beroperasi di Eropa Barat dan lebih dari 600.000 informan di dalam negeri, jangkauan Stasi hampir tak terbatas.

Karena jangkauannya yang luas, Stasi memiliki data atau arsip dari setiap warga negara di Jerman Timur, para pemimpin bisnis, dan para politisi.

Baca juga: Aksi Agen Spionase Terpopuler dalam Catatan Sejarah...

Konon, rak laporan-laporan intelijen Stasi yang diarsipkan, rekaman audio, dan mikrofilm membentang lebih dari 150 kilometer.

Pada 1960-an, hubungan antara KGB dan Stasi mulai membaik setelah sempat bersitegang.

Uni Soviet memberikan mereka tempat untuk membuka pangkalan operasional di Moskwa dan Leningrad (sekarang St Petersburg) untuk pengawasan terhadap diplomat dan turis Jerman Timur.

Dinas Rahasia ini dibubarkan pada 4 Oktober 1990, setelah berakhirnya Jerman Timur.

2. KHAD (Khadamat-e Etela'at-e Dawlati)

Selama bertahun-tahun dinas rahasia Afghanistan ini dianggap yang paling efektif dan mempunyai peran sentral selama intervensi Uni Soviet dalam Perang Saudara Afghanistan.

Badan Intelijen Negara ini didirikan pada 1980. Dengan bantuan dari KGB, KHAD mendapatkan bantuan logistik maupun teknik-teknik intelijen.

Halaman:
Sumber RBTH
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com