Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miliarder Ini Lunasi Utang Pendidikan 400 Mahasiswa di Sebuah Perguruan Tinggi

Kompas.com - 20/05/2019, 11:19 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber BBC

ATLANTA, KOMPAS.com - Seorang miliarder perusahaan investor teknologi di AS membuat kejutan untuk para mahasiswa yang baru saja lulus dari sebuah perguruan tinggi di Atlanta, Georgia.

Robert F Smith, seorang dermawan kulit hitam paling terkemuka di Amerika, mengumumkan bahwa dirinya akan melunasi seluruh utang pendidikan para mahasiswa dari Morehouse College, Atlanta, Georgia, yang lulus pada Minggu (19/5/2019).

Sebanyak hampir 400 mahasiswa yang baru saja lulus dari perguruan tinggi khusus laki-laki kulit hitam bakal menerima manfaat dari hibah tersebut.

Pengumuman itu pun langsung disambut tepuk tangan dan sorakan dari para mahasiswa lulusan 2019 dan juga para pengajar.

Baca juga: Miliarder Ini Sukses Berkat Motivasi Ibunya

Smith (56) adalah pendiri perusahaan ekuitas swasta Vista Equity Partners pada tahun 2000 dengan berinvestasi pada perusahaan perangkat lunak.

Saat ini kekayaan bersihnya berkisar 5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 72 triliun, menurut Forbes.

"Atas nama delapan generasi keluarga saya yang berada di negara ini, kami akan memberi sedikir bahan bakar untuk bus Anda," kata Smith kepada para wisudawan, Minggu (19/5/2019).

"Ini adalah kelas saya, 2019. Dan keluarga saya memberikan hibah untuk menghapuskan seluruh kredit pendidikan mereka," tambahnya.

Smith berada di sekolah tersebut untuk menerima gelar doktor kehormatan dan mengumumkan pemberian donasi kepada Morehouse College sebesar 1,5 juta dollar AS (sekitar Rp 21 miliar).

Belum diketahui berapa besar total utang pendidikan para mahasiswa yang akan dilunasi oleh Smith, namun diperkirakan setidaknya mencapai 10 juta dollar AS atau sekitar Rp 144 miliar bahkan kemungkinan lebih tinggi.

Salah satu mahasiswa yang lulus, Aaron Mitchom (22), mengaku terkejut dengan kabar yang didengarnya. Dia tidak bisa menahan air matanya saat mengetahui jika dia tidak perlu membayar pinjaman sebesar 200.000 dollar AS (Rp 2,8 miliar) yang diambilnya untuk mendanai studinya.

"Saya terkejut. Jantung saya berdegup kencang. Kami semua menangis. Saat itu rasanya seperti semua beban telah dilepaskan," ujarnya, dikutip BBC.

"Saat Anda memiliki beban utang, pilihan tentang apa yang dapat Anda lakukan menjadi terbatas. (Hibah) itu telah memberi mereka kebebasan untuk mengikuti impian dan hasrat mereka," kata Presiden Morehouse College, David A Thomas.

Baca juga: Ini Daftar 15 Negara dengan Jumlah Miliarder Terbanyak di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com