Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Presiden Erdogan Buka Puasa Bersama dengan Oezil

Kompas.com - 19/05/2019, 20:09 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

ANKARA, KOMPAS.com - Gelandang klub Premier League Arsenal Mesut Oezil dilaporkan duduk bersama dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat buka puasa,

Dalam foto yang beredar, Oezil yang tersenyum bersama dengan tunangannya, Amine Gulse, duduk mengapit Erdogan dalam jamuan yang digelar di Istana Dolmabahce.

Baca juga: Oezil Dikabarkan Undang Erdogan ke Pesta Pernikahannya, Jerman Kecewa

Dilaporkan AFP Minggu (19/5/2019), acara itu juga dihadiri oleh generasi muda Turki jelang perayaan Hari Pemuda dan Olahraga yang bertepatan dengan hari libur di sana.

Dalam sebuah foto yang lain, mantan pemain tim nasional Jerman itu bersama sang tunangan duduk di ruangan bersama Erdogan dan Fahrettin Altun, Direktur Komunikasi Kepresidenan Turki.

Oezil yang mempunyai darah Turki sebelumnya sudah menjadi kontroversi ketika pada Mei 2018 lalu, dia bertemu dengan Erdogan dan berfoto bersama.

Oezil pun menjadi sasaran xenofobia dengan loyalitasnya terhadap Jerman dipertanyakan. Kecaman makin deras menyusul performa mengecewakan timnas Jerman saat Piala Dunia 2018.

Berstatus sebagai kampiun Piala Dunia 2014, tim besutan Joachim Loew itu tampil buruk dengan menempati posisi juru kunci Grup F dengan raihan tiga poin.

Setelah foto itu menyebar dan dia menjadi sasaran kritik, Oezil lantas mengumumkan pensiun dari timnas seraya mengklaim terjadi rasisme di tubuh PSSI-nya Jerman (DFB) yang langsung mendapat bantahan.

Kemudian pada Maret lalu, dia juga menuai kritikan karena mengundang Erdogan ke pesta pernikahannya dengan Gulse yang bakal digelar musim panas ini.

Baca juga: Erdogan: Keputusan Oezil Pensiun dari Timnas Jerman Patriotik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com