Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekaman CCTV Perlihatkan Pesawat Aeroflot Memantul Saat Mendarat Sebelum Terbakar

Kompas.com - 17/05/2019, 17:56 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah rekaman kamera pengawas memperlihatkan apa yang terjadi dengan pesawat maskapai Rusia Aeroflot sebelum terbakar ketika mendarat darurat.

Rekaman CCTV dari Bandara Sheremetyevo, Moskwa, memperlihatkan pesawat jenis Sukhoi Superjet-100 itu mendarat pada 5 Maret lalu tak lama setelah lepas landas.

Baca juga: Kesaksian Penumpang Aeroflot: Tuhan Bakal Mengadili Mereka yang Pilih Ambil Tas

Pesawat itu lepas landas selama 28 menit menuju Murmansk ketika petir dilaporkan menyambar dan membuat pilot harus memutar balik ke Bandara Sheremetyevo.

Diwartakan Sky News Kamis (16/5/2019), pesawat yang mengangkut 78 penumpang dan kru kabin itu turun dengan kecepatan tinggi saat berada di landasan pacu.

Pesawat dengan nomor penerbangan SU1492 itu mendarat dengan aneh di landasan pacu dan sempat melompat-lompat setidaknya empat kali sebelum meluncur.

Beberapa saat setelah memantul itulah, pesawat tersebut terbakar. Sejumlah penumpang kemudian menyelamatkan diri dengan meloncati seluncur yang berada di pintu masuk.

Namun dari 78 orang yang berada di pesawat, hanya 37 orang saja dilaporkan selamat. Sementara sisanya, yakni 41 orang penumpang dan awak kabin, dinyatakan tewas.

Kepada media Rusia dikutip The Independent, anggota dari awak kabin mengungkapkan pesawat mereka tersambar petir dan membuat komunikasi mereka terputus.

Sementara pilot Denis Evdokimov menuturkan dia sempat melihat kilatan yang disertai dengan bunyi keras dan membuatnya memutuskan kembali ke bandara.

"Api langsung menjalar begitu kami mendarat," ujar Evdokimov. Penyelidikan pun dilakukan untuk mengungkap apakah terdapat kesalahan pada pilotnya.

Sebabnya, dia dianggap lalai karena memutuskan tetap terbang meski cuaca buruk maupun mendarat dalam keadaan bahan bakar penuh tanpa membuangnya lebih dahulu.

Berdasarkan pemberitaan harian Kommersant, investigasi itu akan fokus kepada Evdokimov dan rekannya apakah melakukan manuver berbahaya, dan membuat 41 orang tewas.

Baca juga: Sebuah Video Ungkap Detik-detik Pesawat Aeroflot Terbakar Begitu Mendarat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com