Kompas.com - 17/05/2019, 15:17 WIB

RIVERSIDE COUNTY, KOMPAS.com - Sebuah jet tempur F-16 yang sedang menjalani misi latihan rutin menabrak sebuah gudang tepat di luar pangkalan udara di California Selatan, Kamis (16/5/2019).

Pilot jet tempur berhasil menyelamatkan diri menggunakan kursi pelontar tepat sebelum pesawat menabrak dinding gudang. Tidak ada orang di darat yang terluka meski atap gedung sampai berlubang akibat insiden.

"Pilot dilaporkan telah dibawa ke rumah sakit setempat untuk evaluasi," kata pejabat dari Angkatan Udara Cadangan AS, melalui rilis yang disampaikan Kamis malam.

Baca juga: Jet Tempur F-16 Belanda Tertembak Pelurunya Sendiri

Pesawat tempur yang nahas tersebut merupakan bagian dari Satuan Tempur Udara ke-114 yang ditempatkan di Souix Falls, Dakota Selatan dan sedang menjalani misi pelatihan untuk Komando Pertahanan Angkasa Amerika Utara (NORAD) di pangkalan udara cadangan March Air Reserve Base, California Selatan.

Surat kabar Los Angeles Times mengutip seorang pejabat dari unit pemadam kebakaran melaporkan bahwa kecelakaan itu sempat memicu kebakaran kecil.

Sebuah foto yang diunggah stasiun televisi lokal KCAL-TV memperlihatkan lubang besar pada bagian atap bangunan gudang berwarna abu-abu.

"Pesawat tempur telah jatuh sekitar pukul 03.30 dini hari Waktu Pasifik dan menabrak sebuah gedung yang berada di ujung landasa pacu," kata juru bicara pangkalan Mayor Perry Covington, kepada Reuters.

Sempat beredar kabar bahwa ada korban luka dalam insiden ini akibat tertimpa reruntuhan. Namun kabar tersebut langsung dibantah oleh pejabat pangkalan udara.

Pangkalan udara cadangan March di Riverside County, California, merupakan markas bagi angkatan udara cadangan ke-452. Biasanya ada sekitar 2.000 hingga 6.000 personel tentara cadangan di pangkalan tersebut.

Bangunan gudang yang tertabrak jet tempur F-16 dalam insiden ini diketahui merupakan milik perusahaan See Water, yang menawarkan produk untuk industri komersial, perumahan, utilitas, hingga pengolahan air limbah.

Baca juga: Tak Direstui AS, Kroasia Gagal Beli Jet Tempur F-16 Bekas Israel

CEO perusahaan, Mike Johnson, mengatakan tidak ada karyawannya yang terluka akibat insiden.

"Kami bersyukur semua orang selamat dan dalam keadaan baik-baik saja. Untuk saat ini perhatian utama kami adalah karyawan kami dan keluarga mereka," ujarnya kepada CNN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber CNN,NDTV
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.