Kompas.com - 17/05/2019, 12:27 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) dilaporkan berencana membayar biaya perjalanan kelompok Taliban yang hendak menghadiri perundingan damai.

Diberitakan BBC Kamis (q6/5/2019), kabar itu dihembuskan oleh salah satu staf di Kongres AS. Biaya itu antara lain mencakup makanan serta penginapan.

Namun Kongres melalui juru bicaranya mengatakan mereka menolak permintaan Pentagon karena artinya sama saja dengan memberikan dukungan bagi teroris.

Baca juga: Taliban Kirim Bom Mobil ke Kantor Organisasi Bantuan AS di Kabul

Sementara Pentagon menyatakan telah melayangkan permintaan kepada otoritas supaya menyediakan dana yang dibutuhkan guna "memfasilitasi" pertemuan.

Sejak Oktober 2018, pemerintahan Presiden Donald Trump telah menggelar enam kali perundingan damai dengan kelompok Taliban di ibu kota Qatar, Doha.

Juru bicara anggota Kongres Pete Visclosky, Kevin Spicer, menjelaskan dana yang diminta Pentagon dimaksudkan untuk mengganti biaya yang dikeluarkan Taliban.

Antara lain biaya untuk logistik, makanan, akomodasi, maupun transportasi. Spicer mengungkapkan Pentagon sudah mengirimkan surat permintaan dana kepada Kongres.

Dalam suratnya itu, Pentagon meminta pendanaan tahun fiskal 2020 untuk mendukung serangkaian "aktivitas rekonsiliasi", termasuk dukungan logistik bagi anggota Taliban.

"Pada Maret 2019, mereka mengirim surat pemberitahuan kepada Komite berisi permintaan untuk menggunakan pendanaan tahun fiskal 2019 bagi tujuan serupa," kata Spicer.

Rabu (15/5/2019), Subkomite Kelayakan House of Representatives yang diketuai Visclosky menyetujui anggaran 690,2 miliar dollar AS, atau Rp 9.981 triliun.

Halaman:
Sumber BBC
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.