Kompas.com - 16/05/2019, 20:04 WIB

TAMPIN, KOMPAS.com - Sebuah unggahan foto di media sosial dilaporkan menuai kecaman setelah memperlihatkan para pemburu menunjukkan bangkai macan tutul yang dikategorikan langka.

Foto itu diunggah ke Facebook oleh akun bernama Max Mantra yang menyatakan macan tutul itu dibunuh di kawasan Negara Bagian Negeri Sembilan, Malaysia.

Baca juga: Ini Penyebab Macan Tutul Bermunculan di Pulau Nusakambangan

Diwartakan Daily Mirror Kamis 916/5/2019), dua dari kelompok pemburu itu begitu histeris memegang bangkai predator itu yang ditemukan di kota Tampin.

Dalam foto yang kemudian dihapus dari akun Max Mantra, nampak sejumlah orang berseragam biru berdiri di belakang. Laporan menyatakan mereka berasal dari Pasukan Pertahanan Sipil Malaysia.

Foto itu menunjukkan para pemburu tersenyum, bahkan ada yang tertawa, ketika menunjukkan dan mengangkat kucing besar yang diidentifikasi bernama clouded leopard.

Clouded leopard merupakan hewan yang sangat langka dengan jumlah yang tersisa di seluruh dunia dilaporkan mencapai 10.000 ekor dan terus mengalami penurunan.

Netizen Facebook Siva Nadarajan berhasil mengabadikan unggahan itu sebelum dihapus Max Mantra. Nadarajan mengaku sudah menghubungi Departemen Alam Liar dan Taman Nasional.

Namun saat itu, petugas mengatakan semua pejabat berwenang sudah pulang ke rumah sehingga dia tidak bisa melaporkan temuannya. Tak dijelaskan apakah dia juga menghubungi pemburu itu.

Berdasarkan Red List of the International Union for Conservation of Nature (ICN), clouded leopard digolongkan sebagai hewan yang terancam punah.

Habitat natural macan tutul tersebut dilaporkan mulai dari kaki Pegunungan Himalaya hingga hutan Malaysia. Predator itu dilaporkan sudah punah di Singapura dan Taiwan.

Baca juga: Sedang BAB, Pria di India Tewas Diterkam Macan Tutul

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.