Kompas.com - 16/05/2019, 19:02 WIB

KOMPAS.com - Temuan kasus cacar monyet atau monkeypox (MPX) di Singapura membuat penyakit itu menjadi momok baru di Indonesia.

Penyakit ini diketahui dibawa oleh warga negara Nigeria berusia 38 tahun yang tiba di Singapura pada 28 April 2019. WN Nigeria itu disebut terbukti positif mengidap cacar monyet pada 8 Mei 2019.

Pemerintah pun meminta masyarakat Indonesia untuk waspada terhadap penyebaran virus cacar monyet. Kementerian Kesehatan lalu mempertebal pintu masuk ke Indonesia dengan memperkuat pemantauan.

Lalu apakah itu cacar monyet? Penyakit langka ini disebabkan oleh virus ditularkan pada manusia melalui hewan, terutama di kawasan Afrika Tengah dan Afrika Barat.

Seperti apa detailnya? Berikut infografiknya:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Cacar Monyet

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.