Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Karya Claude Monet Termahal, Lukisan Ini Terjual Rp 1,6 Triliun

Kompas.com - 15/05/2019, 19:23 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu lukisan dalam seri "Haystacks" milik Claude Monet menjadi karya termahal yang dihasilkan pelukis impresionis asal Perancis itu.

Lukisan itu terjual seharga 110,7 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,6 triliun pada Selasa (14/5/2019) di Rumah Lelang Sotheby's, New York, Amerika Serikat.

Dilansir dari Reuters, lukisan cat minyak di atas kanvas dan diberi judul "Les Meules" ini selesai dilukis pada 1890 atau 1891.

Rumah lelang Sotheby's menyampaikan bahwa karya Monet ini memecahkan rekor penjualan lukisan di atas 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,44 triliun (kurs Mei 2019).

Harga tersebut merupakan angka tertinggi yang pernah dibayarkan pada pelelangan untuk lukisan karya Monet.

"Les Meules" merupakan salah satu lukisan dari 25 lukisan dalam rangkaian lukisan yang menggambarkan tumpukan gandum yang dipanen milik tetangga Monet di Giverny, Perancis.

Baca juga: Punya Masalah Ini, Leonardo Da Vinci Tak Rampungkan Lukisan Mona Lisa

Karya-karya tersebut diakui secara luas karena lukisan menggambarkan permainan cahaya pada subyek gambar dan berpengaruh pada gerakan impresionis di Eropa.

Sebagian besar karya dalam seri "Haystacks" telah lama dipajang di sejumlah museum kesenian terkemuka di dunia. Museum yang menyimpan seri "Haystacks" antara lain Getty Center di Los Angeles, Musee D'Orsay di Paris, dan Metropolitan Museum of Art (MoMA) di New York, AS.

"'Les Meules' adalah satu dari empat karya Monet yang muncul untuk dilelang pada abad ini," ujar pihak Sotheby's.

Sotheby's tidak mau mengidentifikasi siapa pembeli lukisan atau pemilik terbaru lukisan Monet ini. Hal yang pasti, dia mengalahkan lima penawar lain dalam lelang yang berlangsung selama 8 menit di New York.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com