Kompas.com - 13/05/2019, 17:58 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyebut China menginginkan agar dirinya tidak lagi terpilih dalam pemilihan presiden AS 2020.

Trump mengatakan, Beijing sangat berharap pilpres AS 2020 dapat dimenangi oleh kandidat dari Partai Demokrat, Joe Biden.

"China memimpikan Sleepy Joe Biden, atau yang lainnya, akan terpilih pada tahun 2020," kata Trump dalam twitnya, Minggu (12/5/2019) malam.

"Mereka (China) sangat senang mencerai-berai Amerika," tambahnya.

Dilansir New York Post, Trump berulang kali mengkritik mantan wakil presiden era pemerintahan Barack Obama itu yang dianggapnya terlalu bersikap lunak terhadap China.

Baca juga: Ketika Trump Dapat Julukan Badut dari Joe Biden...

Komentar Trump itu datang setelah AS baru saja gagal mencapai kesepakatan dalam pembicaraan perdagangan dengan China, pekan lalu.

Dalam twitnya, Trump mengatakan bahwa alasan mundurnya China dari pembahasan dan berupaya melakukan negosiasi ulang Kesepakatan Perdagangan adalah karena Beijing berhadap dapat bernegosiasi dengan Joe Biden atau salah satu presiden dari Demokrat yang disebut Trump "lemah".

"China tidak seharusnya mengajukan negosiasi ulang kesepakatan dengan AS pada menit terakhir," kata Trump dalam unggahannya, Jumat (10/5/2019).

"Ini bukanlah Pemerintahan Obama, atau Pemerintahan Sleepy Joe, yang akan membiarkan China lolos dengan 'pembunuhan'," tambah presiden berusia 74 tahun itu.

Biden, yang menjadi kandidat unggulan Partai Demokrat dalam pemilihan presiden AS 2020, pernah mengatakan di masa lalu bahwa dia percaya jika China bukanlah saingan bagi Amerika.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.