Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkatan Udara India Terima Helikopter Apache Pertama Buatan AS

Kompas.com - 11/05/2019, 22:31 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

MESA, KOMPAS.com - Satu unit helikopter serang Apache Guardian resmi diserahkan kepada Angkatan Udara India (IAF).

Penyerahan helikopter dilakukan dalam sebuah seremoni yang digelar di fasilitas produksi Boeing di Mesa, Arizona, Jumat (10/5/2019). Selanjutnya, pengiriman helikopter Apache pertama diharapkan untuk dapat dilakukan pada bulan Juli mendatang.

Helikopter serang buatan AS tersebut akan menjadi yang pertama dari jenisnya yang dimiliki India dan diharapkan akan meningkatkan kemampuan persenjataan pertahanan negara itu.

India selama ini telah mengoperasikan helikopter tempur buatan Rusia Mi-35 dan akan digantikan dengan Apache buatan AS.

Berbeda dengan Mi-35 yang dirancang untuk mampu mengangkut pasukan ke wilayah yang dipertahankan, helikopter serang Apache yang dikendalikan oleh dua pilot mampu melancarkan serangan dalam pertempuran taktis.

Baca juga: AD India Klaim Temukan Jejak Kaki Yeti di Pegunungan Himalaya

"Penambahan helikopter AH-64E(I) adalah sebuah langkah signifikan menuju modernisasi armada helikopter Angkatan Udara India," kata kementerian pertahanan India dalam pernyataannya.

Helikopter Apache yang dipesan India telah disesuai dengan persyaratan IAF dan memiliki kemampuan yang signifikan untuk misi di medan pegunungan.

Helikopter tersebut akan dilengkapi sistem laser dan inframerah untuk operasi siang maupun malam, serta dipersenjatai dengan rudal udara-ke-permukaan, Hellfire, roket 70 milimeter, dan meriam otomatis.

"Helikopter Apache tersebut memiliki kemampuan untuk melakukan serangan presisi pada jarak standoff dan beroperasi di wilayah udara yang bermusuhan dengan ancaman dari darat."

"Selain itu, helikopter ini mampu untuk mengirim dan menerima gambar medan perang ke dan dari sistem senjata melalui jaringan data, menjadikannya akuisisi yang mematikan," kata kementerian.

"Helikopter serang ini juga akan memberikan keunggulan signifikan dalam operasi bersama di masa depan dalam mendukung pasukan darat" tambah pernyataan tersebut.

Untuk menunjang operasional penggunaan helikopter, awak pesawat dan darat dari militer India telah menjalani pelatihan khusus di pangkalan Angkatan Darat AS Fort Rucker, Alabama.

Para personel yang terlatih tersebut nantinya akan memimpin operasionalisasi armada Apache di Angkatan Udara India.

Baca juga: Hadapi Ancaman Rusia, Inggris Kirim Lima Helikopter Apache ke Estonia

India telah memesan sebanyak 22 helikopter AH-64E Apache dari AS dalam kesepakatan senilai 1,4 miliar dolar AS yang ditandatangani pada September 2015.

Kesepakatan tersebut sebagai tambahan untuk pemesanan 15 unit helikopter Chinook CH-47F yang dibeli India sebelumnya. Sebanyak empat unit helikopter tersebut telah resmi menjadi bagian dari IAF awal tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com