Kompas.com - 11/05/2019, 09:38 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa uji coba rudal yang dilakukan oleh Korea Utara beberapa waktu lalu bukanlah tindakan "pelanggaran kepercayaan".

Menurut Trump, proyektil yang ditembakkan hanyalah rudal jarak pendek yang tidak mengancam pihak mana pun.

"Itu hanya jarak pendek dan saya sama sekali tidak menganggap hal itu sebagai pelanggaran kepercayaan. Dan Anda tahu, pada titik tertentu saya akan menganggapnya. Tetapi pada titik ini tidak," kata Trump saat wawancara dengan Politico.

"Itu adalah rudal jarak pendek dan merupakan hal yang sangat standar. Sangat biasa," tambah Trump.

Baca juga: Korsel: Korea Utara Tembakkan Proyektil Jarak Pendek

Seperti dikabarkan sebelumnya, Pyongyang telah kembali menembakkan dua rudal pada Kamis (9/5/2019), setelah sebelumnya juga melakukannya pada akhir pekan lalu.

Uji coba rudal tersebut menjadi yang pertama setelah Korea Utara tidak melakukan peluncuran sejak November 2017, tak lama sebelum pemimpin Kim Jong Un memulai tawaran diplomatik.

Jawaban Trump terkait uji coba rudal Korea Utara itu seolah ingin menunjukkan bahwa dia memiliki hubungan baik dengan Kim Jong Un dan ingin menjaga hal tersebut.

Namun Trump mengatakan bahwa ada kemungkinan pada akhirnya dia akan kehilangan kepercayaan terhadap pemimpin Korea Utara itu.

"Maksud saya, mungkin saja pada titik tertentu saya akan melakukannya. Tetapi untuk saat ini, tidak sama sekali," ujar presiden berusia 74 tahun itu.

Sebelumnya diberitakan, Trump merespon kabar uji coba rudak jarak pendek Korea Utara dengan menyebutkan hal yang sangat serius dan bahwa tidak ada yang senang mendengar kabar tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.