Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Sebut Dua Nama Ini Jadi Saingan Utamanya dalam Pilpres 2020

Kompas.com - 10/05/2019, 23:28 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden AS Donald Trump menyebut dua nama dari Partai Demokrat yang menurutnya paling berpeluang untuk menjadi lawannya dalam pemilihan presiden 2020 mendatang.

Pada Jumat (10/5/2019), melalui media sosial favoritnya, Trump menyebut bahwa Joe Biden akan bersaing dengan Bernie Sanders dalam perebutan nominasi untuk calon presiden dari Partai Demokrat.

Trump bahkan memberi julukan baru kepada dua politisi tersebut, yakni Joe "SleepyCreepy" Biden dan "Crazy Bernie" Sanders.

Di Twitter, presiden berusia 74 tahun itu mengomentari soal Biden yang memimpin kuat dalam jajak pendapat di Demokrat, serta Sanders, senator liberal AS, yang selalu menempati peringkat kedua selama masa menjelang pemilihan.

"Bagi saya terlihat sepertinya antara SleepyCreepy Joe yang melampaui Crazy Bernie," tulis Trump.

Baca juga: Trump Sebut Biden Bikin Dirinya Merasa Lebih Muda

"Sedangkan semua orang lainnya dengan cepat memudar!" katanya, merujuk para kandidat calon presiden dalam Partai Demokrat lainnya.

Dilansir AFP, setidaknya telah ada 21 kandidat yang menyatakan bakal maju dalam pemilihan presiden AS 2020 dari Partai Demokrat. Dari jumlah tersebut, tujuh di antaranya merupakan senator AS, empat anggota kongres saat ini maupun sebelumnya, serta dua gubernur.

Di antara para kandidat tersebut, Biden dan Sanders paling dijagokan dalam persaingan meski masih ada waktu sembilan bulan hingga suara pertama diberikan dalam proses nominasi negara bagian.

Biden saat ini sedang berjuang menjaga reputasinya setelah muncul kritik yang menyebutnya kerap menyentuh dan melanggar area pribadi perempuan.

Biden bersikeras bahwa dirinya tidak pernah dengan sengaja bermaksud untuk berperilaku tak pantas atau membuat perempuan di dekatnya merasa tidak nyaman.

Sementara Trump, yang sejak 1980-an telah setidaknya dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap setidaknya 20 perempuan, selalu dapat membantah telah berbuat kesalahan.

Baca juga: Trump Ejek Video Permintaan Maaf Biden di Media Sosial

"Saya sempat mengenal dia sebentar dan dia adalah pria yang cukup mengantuk," kata Trump kepada Fox News.

Selain itu, Biden, disebut oleh Trump, tidak akan mampu berhadapan dengan Presiden China Xi Jinping, yang digambarkannya sebagai sosok pemimpin yang pintar dan penuh semangat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com