Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahathir: Saya Kira, Saya Lebih Baik dari Trump

Kompas.com - 09/05/2019, 14:43 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad memperingati satu tahun dia bersama koalisi Pakatan Harapan mendapat kemenangan penting dalam pemilu Mei 2018.

Dilansir The Star Rabu (8/5/2019), dalam konferensi pers Mahathir sempat pertanyaan bagaimana dia membandingkan dirinya dengan pemimpin negara lain.

"Ada banyak pemimpin di dunia. Namun saya kira, saya lebih baik dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump," kata PM berjuluk Dr M itu.

Baca juga: Tepat Setahun Berkuasa, Mahathir Beberkan Prestasi Pemerintahannya

Mahathir melanjutkan dengan menyatakan dia tidak berpikir dia lebih buruk dari Perdana Menteri Inggris Theresa May, Presiden Perancis Emmanuel Macron, maupun pemimpin lainnya.

"Jika dibandingkan, saya tidak melakukannya dengan buruk. Apakah kalian bisa menunjuk satu saja pemimpin dunia yang lebih baik dari saya?" tanya Mahathir.

Dia melanjutkan sangat mengapresiasi jika ada yang bersedia memberi tahu di mana letak kesalahan dan kelemahannya sehingga dia bisa segera memperbaiki diri.

Dalam satu tahun pertamanya, Mahathir mengungkapkan dia menerima beragam reaksi dari berbagai pihak, Baik reaksi bernada positif maupun yang negatif.

"Ada orang yang menentang saya dan berharap saya mati. Namun, ada juga mereka yang sangat ramah kepada saya. Mereka menyalami saya dan mengatakan mereka sayang kepada saya," ucapnya.

Selain itu, Mahathir juga menyoroti fakta bahwa dia berhasil mencapai satu tahun pemerintahannya di tengah usianya yang begitu senja. Yakni 93 tahun.

"Tidak banyak orang yang ketika berumur 93 tahun masih mampu berpikir jernih. Namun, saya masih bisa menjawab pertanyaan paling konyol kalian," kelakar Mahathir.

Dia menuturkan mencapai umur 93 tahun tidak akan memberikannya benefit signifikan kecuali pengalaman ketika dia pertama kali menjadi orang nomor satu Negeri "Jiran".

Mahathir memimpin Malaysia untuk kali pertama pada periode 1981 hingga 2003. "Pernah menjabat selama 22 tahun tentu memberi saya banyak pengalaman," tutur dia.

Mahathir bersama koalisi Pakatan Harapan berkuasa setelah menumbangkan Perdana Menteri Najib Razak dan Barisan Nasional yang berkuasa selama 60 tahun.

Baca juga: Mahathir Sebut Putra Mahkota Johor sebagai Anak Kecil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com