Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2019, 14:43 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad memperingati satu tahun dia bersama koalisi Pakatan Harapan mendapat kemenangan penting dalam pemilu Mei 2018.

Dilansir The Star Rabu (8/5/2019), dalam konferensi pers Mahathir sempat pertanyaan bagaimana dia membandingkan dirinya dengan pemimpin negara lain.

"Ada banyak pemimpin di dunia. Namun saya kira, saya lebih baik dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump," kata PM berjuluk Dr M itu.

Baca juga: Tepat Setahun Berkuasa, Mahathir Beberkan Prestasi Pemerintahannya

Mahathir melanjutkan dengan menyatakan dia tidak berpikir dia lebih buruk dari Perdana Menteri Inggris Theresa May, Presiden Perancis Emmanuel Macron, maupun pemimpin lainnya.

"Jika dibandingkan, saya tidak melakukannya dengan buruk. Apakah kalian bisa menunjuk satu saja pemimpin dunia yang lebih baik dari saya?" tanya Mahathir.

Dia melanjutkan sangat mengapresiasi jika ada yang bersedia memberi tahu di mana letak kesalahan dan kelemahannya sehingga dia bisa segera memperbaiki diri.

Dalam satu tahun pertamanya, Mahathir mengungkapkan dia menerima beragam reaksi dari berbagai pihak, Baik reaksi bernada positif maupun yang negatif.

"Ada orang yang menentang saya dan berharap saya mati. Namun, ada juga mereka yang sangat ramah kepada saya. Mereka menyalami saya dan mengatakan mereka sayang kepada saya," ucapnya.

Selain itu, Mahathir juga menyoroti fakta bahwa dia berhasil mencapai satu tahun pemerintahannya di tengah usianya yang begitu senja. Yakni 93 tahun.

"Tidak banyak orang yang ketika berumur 93 tahun masih mampu berpikir jernih. Namun, saya masih bisa menjawab pertanyaan paling konyol kalian," kelakar Mahathir.

Dia menuturkan mencapai umur 93 tahun tidak akan memberikannya benefit signifikan kecuali pengalaman ketika dia pertama kali menjadi orang nomor satu Negeri "Jiran".

Mahathir memimpin Malaysia untuk kali pertama pada periode 1981 hingga 2003. "Pernah menjabat selama 22 tahun tentu memberi saya banyak pengalaman," tutur dia.

Mahathir bersama koalisi Pakatan Harapan berkuasa setelah menumbangkan Perdana Menteri Najib Razak dan Barisan Nasional yang berkuasa selama 60 tahun.

Baca juga: Mahathir Sebut Putra Mahkota Johor sebagai Anak Kecil

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.