Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembakan di Alun-alun Meksiko, Dua Pemimpin Serikat Buruh Tewas

Kompas.com - 09/05/2019, 13:15 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

CUERNAVACA, KOMPAS.com - Insiden penembakan terjadi di alun-alun di pusat kota Cuernavaca, Meksiko, pada Rabu (8/5/2019). Dua orang dilaporkan tewas dalam insiden tersebut.

Penembakan tersebut diduga telah direncanakan dan berkaitan dengan konflik antara dua serikat buruh di Meksiko yang berebut ruang untuk pedagang di alun-alun.

Dilansir AFP, insiden penembakan terjadi saat alun-alun sedang ramai dengan warga dan pedagang yang menjalankan usaha mereka di luar kantor pemerintah negara bagian Morelos.

Secara tiba-tiba, seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke arah kerumunan, menewaskan dua orang dan melukai dua lainnya. Setidaknya lima kali tembakan terdengar dilepaskan pelaku, menurut koresponden AFP, David Monroy.

Baca juga: Penembakan Terjadi di Sekolah Colorado, Satu Siswa Tewas

Sebuah rekaman stasiun televisi Meksiko memperlihatkan seorang pria bersenjata yang diduga sebagai pelaku penembakan melarikan diri dari tempat kejadian melalui alun-alun setelah serangan.

Terduga pelaku dilaporkan telah berhasil ditangkap dan kini tengah dalam penahanan petugas. Identitas terduga pelaku belum diungkapkan oleh pihak berwenang.

Sementara kedua korban tewas akibat penembakan ini diketahui merupakan pemimpin organisasi buruh, Konfederasi Pekerja Meksiko (CTM).

Korban pertama adalah pengusaha dan pemimpin CTM, Jesus Garcia, yang meninggal setelah sempat dilarikan ke rumah sakit.

Korban kedua diketahui bernama Roberto Castrejon Calderon, sekretaris di CTM, yang juga putra wakil sekjen serikat pekerja Morelos, Roberto Castrejon Campos.

Insiden penembakan tersebut diyakini berkaitan dengan perselisihan antara CTM dengan serikat saingan, Grup Buruh Baru (NGS), atas ruang untuk pedagang kaki lima di alun-alun kota.

Penembakan itu terjadi setelah pemerintah negara bagian menggelar pertemuan dengan NGS mengenai perombakan peraturan untuk pedagang. Namun pertemuan tersebut diprotes oleh CTM yang merasa tidak ikut dilibatkan.

Baca juga: Terjang Pelaku Penembakan, Remaja Ini Tewas demi Lindungi Teman Sekelas

Castrejon Campos mengatakan, dalam sebuah pesan video yang diunggah ke dunia maya, bahwa dirinya meyakini jika NGS telah memerintahkan untuk pembunuhan putranya.

Sementara dua korban luka dalam insiden penembakan tersebut salah satunya adalah juru kamera berita, Rene Perez.

Serikat buruh di Meksiko kini sedang diusik dengan kasus korupsi dan dugaan adanya kesepakatan di belakang antara pengusaha dengan pihak berwenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com