Kompas.com - 09/05/2019, 12:39 WIB

CARACAS, KOMPAS.com - Agen intelijen Venezuela dilaporkan menangkap wakil pemimpin oposisi dalam babak baru krisis yang terjadi di negara Amerika Latin itu.

Badan intelijen SEBIN Edgar Zambrano, wakil presiden dari Dewan Nasional di tengah seruan pemimpin oposisi Juan Guaido agar militer membelot dari Presiden Nicolas Maduro.

Dilansir Reuters Kamis (9/5/2019), Dewan Konstitusi yang memihak Maduro sepakat mencabut kekebalan politik Zambrano dan enam politisi lain supaya mereka bisa diproses.

Baca juga: Bahas Dugaan Kecurangan ke Media Asing, Prabowo Disebut Ingin Ulang Skenario Venezuela

Adapun Mahkamah Agung sebelumnya menuduh Zambrano dan politisi oposisi lainnya melakukan pemberontakan, konspirasi, dan pengkhianatan terhadap Venezuela.

Dalam kicauannya di Twitter pukul 18.40 waktu setempat, Zambrano mengatakan agen SEBIN mengerubungi mobilnya di luar markas Partai Aksi Demokratik di Caracas.

Dia mengaku terkejut ketika melihat agen intelijen mendatanginya. "Setelah kami menolak untuk meninggalkan mobil kammi, mereka menggunakan mobil derek untuk membawa kami," ujarnya.

Tidak jelas apakah Zambrano sudah berada di markas SEBIN di Helicoide. Guaido merespon dengan berkicau bahwa rezim Maduro telah melakukan penculikan terhadap anggotanya.

Penangkapan Zambrano juga menuai kecaman dari Amerika Serikat sebagai pendukung utama Guaido dengan menyatakan aksi pemerintahan Maduro ilegal dan tidak bisa dimaafkan.

"Maduro dan rezimnya bertanggung jawab atas keamanan Zambrano. Jika tak segera dilepaskan, akan ada konsekuensi," ujar Kedutaan Besar AS di Twitter.

Kepala Organisasi Negara Amerika Luis Almagro mendesak SEBIN untuk menghentikan intimidasi, menghormati imunitas politisi, dan melepaskan Zambrano.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.