Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umumkan Sanksi Baru, Trump Berharap Bisa Bertemu Pemimpin Iran

Kompas.com - 09/05/2019, 07:22 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News,AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan sanksi baru kepada Iran yang mengancam bakal melakukan pengayaan uranium untuk menciptakan nuklir.

Trump mengeluarkan perintah eksekutif berisi rilis sanksi yang menargetkan sektor besi, aluminium, baja, dan tembaga yang menjadi sumber ekspor Iran setelah minyak.

Dilansir AFP Rabu (8/5/2019), Trump menyatakan dia menargetkan pendapatan Iran dari sektor besi yang menyumbangkan sekitar 10 persen dari total ekspor.

Baca juga: Iran Ancam Bakal Memproses Uranium untuk Membuat Nuklir dalam Jumlah Besar jika...

"Saya memberitahukan kepada negara lain bahwa menerima baja maupun produk industri besi Iran di pelabuhan Anda kini tidak diperbolehkan," tegas dia.

Diberitakan Sky News, sektor itu memberi sumbangsih berupa mata uang asing kepada perekonomian Iran yang saat ini dilaporkan tengah dilanda masalah.

Presiden berusia 72 tahun itu mengatakan Teheran bisa mendapatkan sanksi lebih keras kecuali bersedia mengubah perilakunya tanpa menjabarkan lebih rinci.

Namun, Trump menyatakan dia bersedia bernegosiasi. Langkah yang dilakukannya dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un sebelum keduanya bertemu.

"Saya berharap suatu hari nanti bisa bertemu dengan para pemimpin Iran dalam rangka mengupayakan perjanjian dan lebih penting, memberi Iran masa depan yang dibutuhkan," katanya.

Keputusan presiden ke-45 dalam sejarah AS itu terjadi setelah Iran mengumumkan bakal membatalkan sejumlah perjanjian nuklir yang dibuat pada 2015.

Iran mengancam untuk menambah stok uranium hingga ke level senjata nuklir dalam 60 hari ke depan kecuali negara besar menawarkan perjanjian baru.

Pernyataan yang disampaikan Presiden Hassan Rouhani muncul tepat setahun setelah Trump mengumumkan menarik diri dari perjanjian yang diteken di era pendahulunya, Barack Obama.

Rouhani memberikan ultimatum kepada negara yang masih memberi dukungan kepada perjanjian nuklir 2015. Seperti China, Rusia, Jerman, Inggris, maupun Uni Eropa.

"Jika kelima negara itu bernegosiasi bersama dan membantu Iran mencapai keuntungan di bidang perbankan dan minyak, maka Iran bakal kembali berkomitmen," tegas Rouhani.

Baca juga: Netanyahu: Kita Tidak Bisa Izinkan Iran Miliki Persenjataan Nuklir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com