Kompas.com - 08/05/2019, 21:16 WIB

KIEV, KOMPAS.com - Ukraina menegaskan tidak akan mengenali maupun mengakui paspor Rusia yang dikeluarkan untuk warganya di wilayah yang diduduki pemberontak yang didukung Kremlin.

Perdana Menteri Ukraina Volodymyr Groysman bahkan menyamakan paspor yang dikeluarkan Rusia tersebut, jika benar terlaksana, seperti dokumen identitas Nazi.

"Paspor tersebut akan dianggap ilegal," kata Groysman pada pertemuan pemerintah, Rabu (8/5/2019), dikutip AFP.

"Kami tidak akan pernah mengakui kewarganegaraan apa pun yang dikeluarkan oleh negara agresor. Ini seperti Nazi Jerman yang menerbitkan Ausweis (dokumen identitas) untuk sekelompok orang tertentu," ujar Groysman menambahkan.

Baca juga: Putin Mudahkan Pengurusan Paspor Rusia untuk Separatis Ukraina

Pernyataan perdana menteri Ukraina itu menjadi tanggapan terkini yang disampaikan Kiev berkenaan dengan rencana Kremlin yang akan memudahkan warga Ukraina timur untuk mendapatkan paspor dan kewarganegaraan Rusia.

Rencana tersebut bermula dari dekret yang ditandatangani Presiden Vladimir Putin pada akhir April lalu.

Kemudahan tersebut semula ditujukan kepada penduduk wilayah separatis Ukraina di Donetsk dan Luhansk. Namun kemudian Putin menyatakan akan memperluaskan untuk selurun penduduk Ukraina.

Sementara Presiden terpilih Ukraina Volodymyr Zelensky menjawab dekret Putin tersebut dengan janji yang sama kepada warga Rusia yang ingin mendapat kewarganegaraan Ukraina.

Ditambahkan Groysman, warga Ukraina yang mendapatkan paspor Rusia dipastikan tidak akan dapat menggunakannya di wilayah Ukraina.

Aturan yang sama akan berlaku untuk warga Rusia yang menerima paspor Ukraina di pusat-pusat yang mengeluarkan dokumen kepada penduduk republik separatis.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.