Kompas.com - 08/05/2019, 15:45 WIB

AMMAN, KOMPAS.com - Otoritas kerajaan Yordania mengerahkan angkatan udaranya untuk mengatasi serangan hama belalang.

Dalam rentang waktu 24 jam, dua gelombang gerombolan belalang itu menerjang wilayah barat daya Yordania, di wilayah Tafilah, pada Senin (6/5/2019). Demikian dilansir The National.

Para pejabat setempat melaporkan bahwa kerumunan belalang itu telah menyerang wilayah di Tafilah, yang terkenal dengan kebun buah dan zaitunnya.

Di Tafilah juga terdapat cagar alam Dana Biosphere, objek wisata sekaligus area konservasi alam terbesar di Yordania.

Disampaikan Kementerian Pertanian Yordania, pihaknya terpaksa mengerahkan armada angkatan udara kerajaan untuk membantu menyemprotkan pestisida guna mengatasi serangan hama belalang.

Baca juga: Yordania Pertimbangkan untuk Menutup Kamp Pengungsi Suriah di Perbatasan

"Angkatan udara telah memulai proses penyemprotan pestisida pada pukul 05.00 pagi pada Senin (6/5/2019), dan berlanjut hingga pagi hari berikutnya," kata kementerian pertanian dalam pernyataannya.

"Kami telah berhasil menghilangkan hingga 95 persen kerumunan belalang di Yordania selatan dan kami berharap dapat sepenuhnya memberantas belalang di wilayah terakhir pada esok pagi," kata juru bicara kementerian pertanian Lawrence Majali, kepada The National, dikutip Middle East Monitor, Selasa (7/5/2019).

"Pemantauan terus dilakukan dan sejauh ini tidak ada lagi kawanan belalang yang terlihat memasuki wilayah Yordania," tambahnya.

Otoritas Yordania telah memprediksi akan adanya serangan hama belalang sejak Februari saat Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) PBB, mengumumkan adanya peningkatan aktivitas karena kondisi yang ideal untuk serangga tersebut berkembang biak di Sudan dan Eritrea.

Sebagai persiapan, Pemerintah Yordania telah membentuk komite darurat anti-belalang dan menempatkan angkatan udara untuk bersiaga dan memantau daerah, serta melakukan respon terhadap serangga perusak tersebut.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.