Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemuda di China Gunakan "Crane" Selamatkan 14 Orang dari Gedung yang Terbakar

Kompas.com - 07/05/2019, 17:06 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

FUSHUN, KOMPAS.com - Seorang pemuda berusia 19 tahun yang bekerja sebagai operator mesin crane di China, menjadi pahlawan setelah berhasil menyelamatkan 14 orang yang terjebak di dalam gedung yang terbakar.

Insiden kebakaran tersebut terjadi di sebuah gedung pusat perbelanjaan di kota Fushun, provinsi Liaoning, pada Kamis (2/5/2019) pekan lalu.

Api kebakaran muncul pada lantai dasar gedung, namun dengan cepat menjalar ke lantai di atasnya dan menimbulkan asap tebal yang menyesakkan, seperti terlihat dalam rekaman video insiden.

Melihat kebakaran tersebut, Lan Junze, yang bekerja mengoperasikan mesin crane di sebuah lokasi konstruksi di dekat tempat terjadinya insiden, bertindak cepat untuk memberikan pertolongan.

Baca juga: Kebakaran Gedung Asrama Mahasiswa di China, Lima Orang Tewas

Lan segera menjalankan truk crane yang dioperasikannya ke dekat gedung yang terbakar dan dengan kemampuannya mengoperasikan mesin tersebut, Lan mencoba menyelamatkan sebanyak mungkin orang yang terjebak di lantai atas gedung.

Selama sekitar 30 menit, Lan menggerakkan lengan crane yang dioperasikannya ke dekat jendela di lantai dua hingga tujuh gedung pusat perbelanjaan tersebut dan menurunkan orang-orang yang terjebak.

Lan mengaku dapat mendengar suara ledakan di dalam gedung dari bilik kemudinya, namun hal itu tidak dihiraukannya dan dia pun tetap melanjutkan mengoperasikan mesin crane tersebut.

"Saya hanya fokus untuk menyelamatkan orang-orang, tanpa banyak memikirkan hal lainnya," ujar Lan seperti dikutip Red Star News.

"Tapi setelah saya mendengar orang-orang yang memuji apa yang saya lakukan, saya merasa bangga. Saya merasa jika saya sudah melakukan sesuatu yang hebat," tambahnya.

Total sebanyak 14 orang telah berhasil diselamatkan Lan dari kebakaran gedung menggunakan mesin crane yang dioperasikannya.

Sementara itu, dilansir SCMP, penyebab kebakaran masih belum diketahui dan masih dalam penyelidikan petugas.

Baca juga: Jika Terjadi Kebakaran di Gedung Bertingkat, Ini yang Harus Dilakukan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com