Kompas.com - 07/05/2019, 16:41 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Sebanyak 10 ekor gajah dicat putih berjalan beriringan di dekat Grand Palace, Bangkok, Thailand, Selasa (7/5/2019).

Melansir dari Reuters, kehadiran gajah-gajah tersebut untuk menghormati raja yang baru dimahkotai Raja Maha Vajiralongkorn.

Kawanan hewan berbelalai itu memeriahkan jalanan sehari setelah rangkaian proses penobatan raja berakhir pada Senin (6/5/2019).

Baca juga: Putri Raja Thailand Ini Curi Perhatian di Tengah Penobatan Ayahnya

Binatang yang memiliki gading tersebut dan pawangnya terlihat berjalan di ibu kota kuno Ayutthaya sebelum sujud untuk memberikan penghormatan di depan potret sang raja.

Banyak dari warga "Negeri Gajah Putih" yang berkumpul untuk melihat aksi gajah sambil memegang foto raja baru bergelar Rama X itu.

"Saya sangat senang karena tidak pernah melihat yang seperti ini dalam 70 tahun," ujar seorang pengemudi ojek, Boonsueb Unnimit.

Seperti diketahui, gajah memang hewan istimewa karena lekat dengan sejarah dan budaya Thailand.

"Gajah merupakan simbol dari kerajaan, simbol peperangan, sekaligus simbol perdamaian dan ketenteraman," kata warga Bangkok, Panarat Panchuer.

Pemilik gajah, Laithongrien Meepan mengaku senang karena gajah tetap tenang selama acara penghormatan itu, meski kerumunan banyak orang menyaksikan mereka di tengah cuaca panas.

"Kami di sini penuh kebahagiaan dan juga kewalahan," katanya.

Sementara, cat yang dipakai berbasis air sehingga tidak beracun. Air dicampur dengan bubuk agar menciptakan penampilan gajah putih tanpa membahayakan binatang.

Baca juga: Hari Terakhir Upacara Penobatan Raja Thailand Jadi Hari Libur Nasional

Sebelumnya, tidak ada gajah yang berpartisipasi dalam upacara penobatan, meski raja dihadiahi seekor gajah putih setelah itu.

Upacara penobatan digelar selama tiga hari, yang dimulai pada Sabtu (5/5/2019), setelah sang raja berkabung dalam waktu yang lama atas kematian ayahnya pada Oktober 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.