Kompas.com - 07/05/2019, 14:31 WIB

DOHA, KOMPAS.com - Pemerintah Qatar bersiap mengucurkan dana bantuan untuk Otoritas Palestina sebesar 480 juta dollar AS atau sekitar Rp 6,8 triliun.

Bantuan berupa uang tunai itu akan mendukung pendidikan dna layanan kesehatan, serta kebutuhan kemanusiaan lainnya.

Seperti diketahui, Palestina yang dipimpin oleh Presiden Mahmoud Abbas telah dipukul oleh pemangkasan dua sumber pendapatan utama.

Baca juga: Pejabat Pariwisata Qatar Tolak Visa bagi Warga Negara Musuh

AS telah mengakhiri semua bantuan kepada Palestina setelah pengakuan Presiden Donald Trump atas Yerusalem sebagai ibu kota Isrel.

Sementara, perselisihan dengan Israel telah menyebabkan berhentinya pengalihan bea cukai yang dikenakan kepada barang-barang untuk pasar Palestina.

Diwartakan kantor berita AFP, Senin (7/5/2019), bantuan dari Qatar nantinya juga akan menyasar kepada sektor tenaga pembangkit agar memastikan pasokan wilayah itu tidak terganggu.

"Negara Qatar telah mengalokasikan 300 juta dollar AS dalam bentuk hibah dan pinjaman untuk mendukung pembiayaan sektor kesehatan dan pendidikan Otoritas Palestina," demikian pernyataan pemerinta.

Bantuan senilai 180 juta dollar AS akan dikucurkan untuk kebutuhan bantuan darurat dan kemanusiaan, serta program PBB di Palestina.

Baca juga: Soal Rencana Perdamaian Palestina dan Israel, Ini Jawaban Menantu Trump

Qatar merupakan negara kecil yang kaya gas dan menjadi pendonor utama bagi Palestina.

Bantuan tersebut diberikan kepada Otoritas Palestina yang bermarkas di Abbas di Tepi Barat dan kepada Hamas di Gaza.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.