Kompas.com - 07/05/2019, 14:21 WIB

KHMEIMIM, KOMPAS.com - Militer Rusia mengklaim telah berhasil menggagalkan serangan roket yang ditembakkan kelompok militan ke pangkalan udara Khmeimim, di Suriah.

Sebanyak 36 roket ditembakkan kelompok militan Suriah dalam dua kali serangan ke pangkalan udara Khmeimim milik Rusia pada Senin (6/5/2019).

Namun seluruh roket tersebut dapat dihalau oleh sistem pertahanan udara milik Rusia sehingga tidak menimbulkan kerusakan.

"Serangan roket itu datang dari zona deeskalasi Idlib yang dikendalikan kelompok teroris Hayat Tahrir al-Sham," ujar kepala pusat rekonsiliasi Rusia di Suriah, Mayor Jenderal Viktor Kupchishin, dikutip Russian Times.

Baca juga: Pesawat Rusia Gagal Mendarat di Pangkalan Udara di Suriah, 32 Tewas

Ditambahkan Kupchishin, tak hanya berhasil menghalau serangan roket kelompok militan, militer Rusia juga mengirimkan jet tempurnya untuk melancarkan serangan balasan.

Kelompok militan Suriah disebut menggunakan pesawat tak berawak untuk mengarahkan tembakan dari beberapa sistem peluncur roket, namun serangan telah dicegah oleh sistem pertahanan udara yang dipasang di Khmeimim.

"Pesawat-pesawat tempur Rusia dan artileri milik pasukan pro-rezim Suriah kemudian meratakan posisi dari mana serangan roket diluncurkan," tambah Kupchishin.

Serangan roket ke pangkalan udara milik Rusia itu terjadi pada hari yang sama dengan pasukan Suriah melancarkan ofensif terbesar mereka ke wilayah terakhir yang dikuasai militan di negara itu.

Serangan oleh pasukan Suriah itu berhasil merebut kembali wilayah di desa al-Bani dan bukit strategis Othman di barat laut provinsi Hama untuk dikuasai Damaskus.

Pangkalan udara Khmeimim milik Rusia telah kerap menjadi sasaran serangan oleh kelompok-kelompok ekstremis dan teroris di Suriah, baik menggunakan roket maupun drone bermuatan bahan peledak.

Baca juga: Pangkalan Udara Diterjang Badai, Sejumlah Jet Tempur F-22 AS Rusak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.