Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Gagalkan Serangan 36 Roket Militan yang Incar Pangkalan Udara di Suriah

Kompas.com - 07/05/2019, 14:21 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KHMEIMIM, KOMPAS.com - Militer Rusia mengklaim telah berhasil menggagalkan serangan roket yang ditembakkan kelompok militan ke pangkalan udara Khmeimim, di Suriah.

Sebanyak 36 roket ditembakkan kelompok militan Suriah dalam dua kali serangan ke pangkalan udara Khmeimim milik Rusia pada Senin (6/5/2019).

Namun seluruh roket tersebut dapat dihalau oleh sistem pertahanan udara milik Rusia sehingga tidak menimbulkan kerusakan.

"Serangan roket itu datang dari zona deeskalasi Idlib yang dikendalikan kelompok teroris Hayat Tahrir al-Sham," ujar kepala pusat rekonsiliasi Rusia di Suriah, Mayor Jenderal Viktor Kupchishin, dikutip Russian Times.

Baca juga: Pesawat Rusia Gagal Mendarat di Pangkalan Udara di Suriah, 32 Tewas

Ditambahkan Kupchishin, tak hanya berhasil menghalau serangan roket kelompok militan, militer Rusia juga mengirimkan jet tempurnya untuk melancarkan serangan balasan.

Kelompok militan Suriah disebut menggunakan pesawat tak berawak untuk mengarahkan tembakan dari beberapa sistem peluncur roket, namun serangan telah dicegah oleh sistem pertahanan udara yang dipasang di Khmeimim.

"Pesawat-pesawat tempur Rusia dan artileri milik pasukan pro-rezim Suriah kemudian meratakan posisi dari mana serangan roket diluncurkan," tambah Kupchishin.

Serangan roket ke pangkalan udara milik Rusia itu terjadi pada hari yang sama dengan pasukan Suriah melancarkan ofensif terbesar mereka ke wilayah terakhir yang dikuasai militan di negara itu.

Serangan oleh pasukan Suriah itu berhasil merebut kembali wilayah di desa al-Bani dan bukit strategis Othman di barat laut provinsi Hama untuk dikuasai Damaskus.

Pangkalan udara Khmeimim milik Rusia telah kerap menjadi sasaran serangan oleh kelompok-kelompok ekstremis dan teroris di Suriah, baik menggunakan roket maupun drone bermuatan bahan peledak.

Baca juga: Pangkalan Udara Diterjang Badai, Sejumlah Jet Tempur F-22 AS Rusak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com