Kompas.com - 07/05/2019, 13:32 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Kaisar Emiritus Jepang Akihito bersama Permaisuri Michiko kembali muncul ke hadapan publik sejak mereka turun takhta pada pekan lalu.

Keduanya tiba lapangan tenis Tokyo setelah pukul 16.00 waktu setempat pada Minggu (5/5/2019), dan keluar dengan Permaisuri Michiko membawa buket bunga.

Diwartakan Japan News via Asia One Selasa (7/5/2019), keduanya sempat membungkuk sebagai salam hormat kepada pengurus lapangan tenis dan publik sebelum pergi.

Selama satu jam, pasangan itu berada di dalam klub tenis di mana mereka bercengkrama dengan teman dan menikmati kue yang dibuat untuk memperingati abdikasi Kaisar Emiritus Akihito.

Baca juga: Ini Kesan Trump Terhadap Kaisar Akihito yang Turun Takhta

Lapangan tenis itu disebut menjadi lokasi bersejarah keduanya. Karena di sanalah, Akihito dan Michiko pertama kali bertemu dan kemudian jatuh cinta.

Menurut salah seorang kenalan bernama Kazuo Oda, Kaisar Emiritus Akihito dan Michiko mengobrol dengan beberapa teman lama. Namun mereka tidak bermain tenis.

Kenalan itu mengaku dia sempat memberi tahu sang kaisar emiritus untuk tetap melanjutkan bermain tenis atau setidaknya tenis meja. "Ya, engkau benar," jawab Akihito kepadanya.

Oda yang sudah berusia 83 tahun dikutip Asahi Shimbun mengucapkan selamat karena proses turun takhta yang dijalani Akihito pada 30 April berlangsung mulus.

Akihito dan Michiko kemudian menerima kue beras Chimaki dan kue Mochi Kashiwa yang biasanya dimakan saat momen tertentu. Kebetulan, 5 Mei merupakan Hari Anak di Jepang.

Ketika mereka hendak meninggalkan lapangan tenis, sekitar 50 anggota klub melihat mereka dan bertepuk tangan. Begitu juga warga setempat yang tengah melintas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.