Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER NTERNASIONAL] Sultan Brunei Tak Hukum Mati Pelaku Seks LGBT | Pesawat Rusia Terbakar Saat Mendarat

Kompas.com - 07/05/2019, 05:39 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Sultan Brunei Hassanal Bolkiah mengumumkan langkah mengejutkan dengan tidak menerapkan hukuman mati terhadap pelaku seks LGBT maupun zina pada pekan lalu.

Keputusan Sultan Bolkiah memperpanjang moratorium penangguhan hukuman itu terjadi setelah hukum syariah tersebut mendapat kecaman dari dunia internasional.

Kemudian dari Rusia, pesawat Sukhoi Superjet 100 milik maskapai Aeroflot terbakar ketika mendarat darurat dengan terdapat seorang pramugara yang dengan berani memimpin penyelamatan.

Dua kisah itu masuk ke dalam artikel populer internasional yang terjadi sepanjang Senin (6/5/2019) hingga Selasa pagi (7/5/2019).

1. Dapat Tekanan Dunia, Sultan Brunei Tak Hukum Mati Pelaku Seks LGBT
Sultan Brunei Hassanal Bolkiah mengumumkan dia tidak akan menerapkan hukuman mati dengan dirajam bagi LGBT yang ketahuan berhubungan seks.

Dilaporkan BBC Minggu (5/5/2019), pengumuman itu muncul setelah hukuman yang diperkenalkan menuai kecaman dunia internasional. Termasuk aksi boikot para selebriti.

Seperti apa pernyataan lengkap Sultan Bolkiah itu bisa Anda simak di sini.

2. [POPULER INTERNASIONAL] Raja Paling Tajir Sedunia | Israel Diserang 600 Roket dari Gaza
Kabar populer internasional yang terjadi sepanjang Minggu (5/5/2019) hingga Senin (6/5/2019) rupanya juga masuk ke dalam kumpulan artikel populer Selasa.

Di antara artikel populer itu terdapat daftar lima raja paling kaya di dunia dengan Raja Thailand Maha Vajiralongkorn yang baru dinobatkan pekan lalu masuk ke dalamnya.

Anda bisa mendapatkan informasi lengkap tentang artikel populer Senin itu di sini.

3. Boeing Disebut Tahu soal Masalah 737 MAX Sebelum Kecelakaan Lion Air
Sebuah pernyataan baru dari pabrikan pesawat Boeing menunjukkan mereka sebenarnya sudah tahu masalah di varian 737 MAX jauh sebelum kecelakaan Lion Air.

Boeing sebelumnya mengakui bahwa sistem peringatan yang seharusnya menjadi fitur standar ternyata tidak berfungsi di seluruh Boeing 737 MAX.

Namun dalam keterangan yang dirilis Minggu (5/5/2019) menunjukkan berapa lama hingga Boeing sadar adanya masalah sebelum memutuskan bertindak.

Masalah seperti apa yang terjadi pada pesawat Boeing 737 MAX itu, Anda bisa membacanya di sini.

4. Kecelakaan Pesawat Rusia, Pramugari Buka Pintu Darurat dan Tendang Penumpang Keluar
Pesawat penumpang Rusia mendarat darurat dan terbakar di landasan bandara tersibuk di Moskwa, menewaskan hingga 41 orang, Minggu (5/5/2019).

Pesawat Sukhoi Superjet-100 milik maskapai penerbangan Aeroflot terbakar saat mendarat darurat dan bagian belakangnya membentuk landasan dengan keras.

Pesawat yang membawa 78 orang termasuk penumpang dan kru penerbangan itu berangkat dari Moskwa dengan tujuan kota Murmansk, namun segera memutar balik ke Bandara Sheremetyevo setelah tersambar petir tak lama usai lepas landas.

Salah seorang pramugari, menceritakan kembali apa yang terjadi setelah pesawat mendarat darurat dengan keras dan muncul api pada bagian belakang pesawat.

Kisah heroik pramugara itu bisa Anda baca secara lengkap di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com