Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelahiran Putra Pangeran Harry Diselimuti Hal di Luar Tradisi Kerajaan Inggris, Apa Saja?

Kompas.com - 07/05/2019, 03:40 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran Harry dan Meghan Markle tengah diliputi kebahagiaan menyusul kelahiran putra mereka, pada Senin (6/5/2019).

Pasangan Duke and Duchess of Sussex ini pun menyampaikan terima kasihnya kepada publik atas dukungan yang diberikan kepada keluarga mereka.

"Saya sangat gembira mengumumkan bahwa Meghan dan saya dikaruniai bayi laki-laki pagi ini. Bayi yang sangat sehat," ujar Pangeran Harry.

Namun di samping kegembiraan yang menyelimuti pasangan yang menikah pada 19 Mei tahun lalu ini, ada hal lain yang turut menjadi perhatian, yakni sejumlah hal di luar tradisi kerajaan Inggris yang dilakukan selama proses kelahiran. Apa saja?

Baca juga: Meghan Markle Melahirkan Anak Pertama Didampingi Pangeran Harry

1. Diumumkan Melalui Media Sosial

Kendati keluarga Kerajaan Inggris tidak anti terhadap media sosial, dengan memiliki akun media sosial Instagram, namun pada umumnya kelahiran anggota keluarga kerajaan diumumkan secara langsung, seperti kelahiran tiga anak Pangeran William yang diumumkan langsung pascakelahiran.

Berbeda dengan kakaknya, Pangeran Harry memutuskan menjaga privasi sang istri dan putranya dengan hanya menyampaikan kabar gembira tersebut melalui akun Instagram @sussexroyal.

Dalam postingan yang diunggah pada Senin (6/5/2019) tersebut, hanya memuat kalimat, "Anak Laki-laki!" dengan pesan dari pasangan Duke dan Duchess of Sussex pada bagian bawah dan latar berwarna biru.

Pada keterangan foto memuat pengumuman resmi, lengkap dengan berat bayi yang dilahirkan Meghan.

Akun Instagram pasangan Duke and Duchess of Sussex baru dibuat pada April lalu dan memiliki 6,2 juta pengikut.

Baca juga: Perjalanan Pangeran Harry ke Belanda Dipangkas Jadi Hanya 1 Hari

2. Melahirkan di Kediaman Keluarga

Meghan menjalani proses melahirkan dengan didampingi ibunya, Doria Ragland, dan sang suami, Pangeran Harry, di kediaman baru mereka di Frogmore Cottage, di Windsor.

Hal ini tentu berbeda dengan kebiasaan anggota keluarga kerajaan Inggris yang menjalani proses kelahiran di bangunan sayap pribadi di Rumah Sakit St Mary di London, seperti ketiga anak Pangeran William dan Kate.

Keputusan ini diambil Harry sekali lagi berkaitan dengan keinginannya menjaga privasi keluarganya, terlebih istri dan anaknya.

Pengumuman kelahiran putra Pangeran Harry bahkan baru dilakukan pada Senin sore, sementara proses kelahiran telah selesai pada pagi hari.

"Yang Mulia telah memutuskan untuk merahasiakan rencana kelahiran bayi mereka," tulis pernyataan Istana Buckingham pada April lalu.

"Duke dan Duchess akan berbagi kabar bahagia dengan semua orang begitu mereka memiliki kesempatan untuk merayakan secara pribadi sebagai keluarga baru," lanjut pernyataan itu.

Baca juga: Istri Pangeran Harry Melahirkan Bayi Laki-laki Seberat 3,2 Kg

3. Tidak Ada Foto Bayi Kerajaan

Karena proses kelahiran yang dilakukan di kediaman keluarga dan diumumkan melalui media sosial, maka anggota keluarga kerajaan yang baru tidak dapat langsung ditunjukkan ke hadapan publik.

Sebagai gantinya, foto bayi pasangan Pangeran Harry dan Meghan baru akan diperlihatkan melalui foto yang dirilis secara resmi kepada media dan ke seluruh dunia di kemudian hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com