Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Penggunaan "Penny Black", Prangko Pertama di Dunia

Kompas.com - 06/05/2019, 17:10 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Pengiriman surat erat kaitannya dengan prangko. Benda berbahan kertas yang direkatkan dan mempunyai nilai nominal tertentu ini menjadi bukti untuk pembayaran pengiriman surat.

Supaya tak monoton, perusahaan pos negara menggunakan aneka macam gambar prangko. Selain menjadi daya tarik konsumen, aneka gambar ini juga bisa menjadi salah satu koleksi bagi seorang filatelis.

Walaupun era pengiriman surat tergeser dengan internet, masih ada segelintir orang yang menggunakan layanan ini untuk pengiriman surat.

Berbeda dengan masa kini, era awal pengiriman surat tak disertai dengan prangko. Pengirim tinggal memberikan jasa ongkos kirim kepada pihak pos.

Awal penggunaan prangko dimulai pada 6 Mei 1840 di Inggris. Ketika itu, untuk kali pertama prangko mulai disematkan pada surat-surat yang akan dikirim sebagai bagian dari ongkos pengiriman.

Dilansir dari Wired, prangko pertama memiliki desain gambar Ratu Victoria dan tercetak dengan background warna hitam. Dalam prangko tersebut juga terdapat tulisan "One Penny" sebagai petunjuk harga nominal pengiriman.

Tak lama kemudian, banyak orang menyebutnya dengan julukan "Penny Black".

Baca juga: Pos Indonesia Terbitkan Prangko Versi Gundala dan Si Buta dari Gua Hantu

Penggunaan prangko ini menjadi ramai dan sukses. Kantor pos harus melayani dua kali lipat peredaran surat pada tahun-tahun pertama penggunaan prangko tersebut. 

Banyak orang yang antusias untuk mengirimkan surat mereka semenjak prangko ini diperkenalkan ke publik. 

Dari Inggris ke seluruh dunia

Penny Blackwired Penny Black

Pengiriman surat menyurat sudah terjadi ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu, namun penggunaan prangko secara resmi kali pertama dilakukan di Inggris.

Pada abad ke-12, Raja Henry I dari Inggris masih mengirim utusan kerajaan. Langkah ini dilanjutkan dengan anak, serta raja berikutnya, yang kemudian meningkatkan layanan utusan menjadi surat menyurat.

Pada 1516, Raja Henry VIII secara resmi mendirikan Royal Mail untuk melayani surat menyurat. Akan tetapi, baru pada 1635 Charles I membuat layanan tersebut tersedia untuk umum, tak hanya ranah kerajaan.

Ketika itu pembayaran ongkos kirim dibebankan kepada penerima. Jika penerima menolak untuk menerima pengiriman, maka Royal Mail berhak melakukan apa saja terhadap surat itu.

Biasanya pengiriman dilakukan dengan kurir, namun karena perkembangan jalur kereta api menjadikan menjadikan layanan pengiriman surat menjadi lebih cepat.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com